Senin, 29 Maret 2010 04:36

UNIT PELAYANAN PUBLIK TERBAIK 2010

Tanjungpandan — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung ditetapkan sebagai unit pelayanan publik terbaik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung tahun 2010.

Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Bupati Belitung Nomor 188.45/062/KEP/IX/2010 tanggal 3 Maret 2010 tentang Penetapan Satuan Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Sebagai Unit Pelayanan Publik Terbaik Dalam Rangka Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik Citra Pelayanan Prima Tahun 2010.

Sekretaris Tim Penilai Kinerja Unit Pelayanan Publik Citra Pelayanan Prima Kabupaten Belitung Tahun 2010, melalui Kepala Subbagian Kelembagaan dan Tata Laksana Bagian Organisasi Setda Kabupaten Belitung selaku Koordinator Sekretariat, Hj Rita Y, S.IP, mengatakan, selain visi, misi, janji, motto, sistem, prosedur, SDM, serta sarana dan prasarana pelayanan, penilaian juga mencakup penilaian masyarakat yang dijaring melalui kuesioner.

Dari penelitian dan penilaian yang dilakukan sejak 4 Desember 2009 hingga 10 Januari 2010, tim menetapkan tiga unit pelayanan publik terbaik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, masing-masing Terbaik I Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung, Terbaik II Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Terbaik III UPTD Puskesmas Air Saga.

Dengan demikian, jelas Rita, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung akan mewakili Kabupaten Belitung pada Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik Citra Pelayanan Prima Propinsi Bangka Belitung Tahun 2010. Rencananya, tim penilai tingkat propinsi akan melakukan penilaian ke Kabupaten Belitung pada 12 hingga 13 April 2010 mendatang, diharapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung  mempersiapkan diri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung Suharyanto, S.AP, mengatakan menyambut baik hasil penilaian tim kabupaten dan siap menyambut penilaian tingkat propinsi. “Prinsipnya, kita akan berupaya semaksimal mungkin menjadi yang terbaik hingga ke tingkat nasional,” ujar Suharyanto.

Bagi satuan kerja yang berhasil meraih predikat sebagai Unit Pelayanan Publik terbaik tingkat nasional, akan mendapatkan penghargaan Citra Pelayanan Prima dari Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara. Penghargaan akan diserahkan oleh Presiden RI di Istana Negara Jakarta pada 23 Juni 2010, bertepatan dengan Hari Pelayanan Publik Sedunia. (syf)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung