Senin, 29 Maret 2010 13:12

WABUP LANTIK PENGURUS FORUM PEDAGANG PASAR TRADISIONAL

Tanjungpandan--Pengurus Forum Pedagang Pasar Tradisional  Tanjungpandan resmi dilantik pada Sabtu, 27 Maret 2010 yang ditandai dengan acara penandatangan Akta Notaris oleh Wakil Bupati Belitung, Sahani saleh, S.Sos selaku Pembina, disusul Ketua pengurus FPPT, Jema’i Abu Bakar, Wakil Ketua, Bahari Awan, Sekretaris Zainuddin, Bendahara, Arifin Hanafiah, Kordinator Pengawas, Muhammad Supriyo, serta Notaris, Linawati Hasan, SH.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan bahwa Acara pelantikan ini sekaligus merupakan ajang silaturahmi di kalangan masyarakat pedagang dalam mewujudkan keutuhan dan kebersamaan. Ke depan diharapkan agar citra negatif pasar yang selama ini terkesan kotor dan kumuh agar dapat berubah. Menurutnya pasar tradisional bukanlah pasar yang ketinggalan zaman, akan tetapi pasar tradisional dalam hal ini adalah pasar yang mengikuti perkembangan zaman serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika dikategorikan pasar kita termasuk dalam golongan middle pasar, bisa dikatakan tradisional la lewat, tetapi modern masih jauh, walaupun tradisional tetapi bangunannya menggunakan beton, bukan lapak dari kayu atau dilantik pakai tikar, jelas Wabup.

Ke depan, Wabup berharap agar para Kadin Dinas/Instansi terkait dapat mendukung, membantu dan membina dalam mengatasi berbagai persoalan berkaitan dengan pembangunan dan kemajuan pasar dalam rangka mencapai peningkatan dalam kepentingan sosial ekonomi di masa yang akan datang agar dapat meningkatkan kesejahteraan para pedagang tradisional di masa depan, tegas Sahani.

Sementara Ketua Forum Pedagang Pasar Tradisional mengharapkan supaya Pemerintah Daerah dalam melakukan renovasi terhadap pasar tradisional, agar mau mendengarkan  masukan-masukan dari para pedagang, karena pedagang mungkin lebih tahu tentang kebutuhan pasar, seperti halnya pembangunan pelang-pelang tempat berjualan, perbaikan jalan yang rusak, pembuatan drainase dan lain sebagainya, katanya.

Forum ini merupakan salah satu media yang menjembatani aspirasi pedagang dengan dinas pengelola pasar dan SKPD terkait. Dengan adanya forum ini diharapkan dapat memperbaiki citra pasar tradisional yang selama ini negatif dapat berubah menjadi positif secara perlahan. Citra pasar yang kurang baik sudah semestinya mendapat perhatian cukup besar, karena didalamnya terkait hajat hidup orang banyak. Forum ini diharapkan dapat bersinergi  dengan dinas-dinas terkait, untuk mengatasi berbagai persoalan yang terjadi, kata Jema’i.

Turut hadir dalam acara ini Asisten I Bidang Pemerintahan  Setda Kabupaten Belitung, B.Maiya Hasibuan, SH, Asisten II Bidang ekonomi dan Pembangunan Karyadi Sahminan, SE, M.AP, Para muspida, Kepala Dinas Kesbangpol & Linmas, Hendro Gupito, SH, Kakan Pol PP, Azhar, S.Ip, tokoh masyarakat setempat dan undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung