Senin, 29 Maret 2010 13:55

KM LAWIT LAYAK SANDARI PELABUHAN TANJUNG BATU

Badau- -Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein didampingi Tim Survei dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan Republik Indonesia dan Tim dari PT Pelni Nasional Indonesia menyambut kedatangan pertama KM Lawit bersandar di Pelabuhan Tanjung Batu, Desa Pegantungan Kecamatan Badau, tadi pagi, Senin, 29 Maret 2010, melalui uji coba perdana KM Lawit bersandar di Pelabuhan Tanjung Batu yang telah dibangun sejak 10 tahun yang lalu.

KM Lawit sandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Batu dipandu oleh Tim Survei dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.

Bupati Belitung dalam sambutan singkatnya di Anjungan KM Lawit menyampaikan bahwa uji coba ini merupakan catatan sejarah bagi masyarakat Belitung dan diharapkan melalui kegiatan ini, perekonomian di Belitung bisa lebih berkembang.

Pada kesempatan yang lain, saat diwawancara Tim Humas, Darmansyah menjelaskan Pelabuhan Tanjung Batu sudah layak disandari oleh KM Lawit dan selanjutnya Pelabuhan Tanjung Batu akan diusulkan kepada Pemerintah Pusat Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Sementara itu, Nakhoda KM Lawit, Kapten Marhani yang berasal dari Surabaya menyatakan sangat terbantu dengan adanya Pelabuhan Tanjung Batu. ”Dengan merapatnya KM lawit, selain untuk efisien waktu juga untuk memberikan kenyamanan pada penumpang,” ujarnya.

Kronologis KM Lawit Tiba dari Pontianak ke Pelabuhan Batu Tanjungpandan yaitu :
1. Pukul 02.00 WIB KM Lawit tiba di Pelabuhan Tanjung Batu  dengan jumlah penumpang tujuan Pelabuhan Tanjung Batu sebayak 82 Orang ,
2. Pukul 06.30 WIB KM Lawit mulai bergerak menuju dermaga Pelabuhan Tanjung Batu,
3. Pukul 06.40 WIB Bupati tiba di Pelabuhan Tanjung Batu,
4.  Pukul 06. 55 WIB KM Lawit sandar perdana di Pelabuhan Tanjung Batu,
5. Pukul 07.05 WIB Bupati Menuju Anjungan KM Lawit,
6. Pukul 07.15 WIB Penumpang Turun ke Dermaga Pelabuhan Batu Tanjungpandan,
7.  Pukul 09.20 WIB KM Lawit berangkat kembali dari Pelabuhan Tanjung Batu menuju Jakarta dengan jumlah penumpang sekitar 60 orang dilepas oleh Komisi I DPRD Kabupaten Belitung.

Acara ini dihadiri juga Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Kepala Cabang PT. Pelni Nasional Indonesia, serta undangan lainnya.



Sumber: Humas Setda Kab. Belitung