Senin, 29 Maret 2010 13:24

TEDUHNYA PANTAI MARINA BELITUNG

Sijuk --- Pantai Marina terletak disekitar 30 kilometer dari pusat Kota Tanjungpandan. Pantai Indah yang terletak di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung ini sangat terjaga keasriannya. Di pantai ini banyak dijumpai deretan pohon ketapang rindang yang tentunya memberikan keteduhan dan berpadu dengan hamparan rumput yang tertata rapi. Letak Pantai Marina tidaklah jauh dari pantai tempat shooting ’Laskar Pelangi’ Tanjungtinggi, hanya sekitar 200 meter saja.

Hadi Wibowo, pemilik Pantai Marina dalam harian Pos Belitung Minggu 28 Maret kemarin mengatakan ”Pantai yang luasnya sekitar 6 hektar ini memang belum di bangun restaurant dan penginapan. Namun lokasi ini sering dijadikan tempat untuk menggelar acara tertentu. Upacara Melasti misalnya, sudah 3 tahun belakangan di gelar di Pantai Marina. Umat Hindu yang bermukim di Dusun Balitung, Desa Sijuk, sangat antusias setiap kali menyambut upacara Hari Raya Nyepi yang dilakukan di pantai ini.”

Hadi menambahkan, untuk sementara waktu, Pantai Marina memang belum dibuka bagi umum sebab masih dalam tahap pembenahan. Namun, bukan berarti lokasi ini tertutup sama sekali. Hadi tetap memberi izin untuk event-event tertentu di pantai miliknya tersebut.

Rencananya, Hadi akan membangun beberapa sarana penunjang termasuk dengan membangun 30 unit cottage dengan konsep yang unik yaitu gabungan dari beberapa daerah di Indonesia. Unsur arsitektur Belitung, Bali, Sunda dan berbagai daerah lainnya akan mempercantik cottage di Pantai Marina.

Melihat Belitung saat ini menjadi tujuan wisata, Hadi berharap, adanya apresiasi dari pemerintah terhadap pelaku wisata. Bentuk apresiasi tidak mesti berarti dana, namun juga dalam wujud sikap tanggap dan kepedulian pemerintah terhadap para pengelola usaha pariwisata, misalnya bisa membantu jika ada obyek wisata yang dirusak oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung