Selasa, 30 Maret 2010 05:11

MTQ KABUPATEN BELITUNG DI SELAT NASIK

Tanjungpandan — Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Belitung Tahun 2010, yang dijadwalkan berlangsung pada 9 hingga 11 April 2010 mendatang, akan dilaksanakan di Kecamatan Selat Nasik. Ini tradisi baru MTQ di daerah ini, karena sebelumnya MTQ Kabupaten Belitung dipusatkan di Tanjungpandan, ibukota kabupaten.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Belitung, Ahyat AD, S.IP, ketika dihubungi di ruang kerjanya kemarin, Senin (29/3), menjelaskan, pelaksanaan MTQ kabupaten di kecamatan mengacu kepada MTQ nasional yang dilaksanakan di ibukota propinsi. Tradisi ini sebelumnya pernah ada di Kabupaten Belitung, namun tengelam sejak era reformasi.

“Karenanya kita aktifkan lagi. Dengan harapan, MTQ dapat menjadi syiar agama berskala kabupaten di kecamatan dan pedesaan. Kebetulan tahun ini Kecamatan Selat Nasik siap menjadi tuan rumah, makanya kita laksanakan di sana. Kita harapkan kecamatan lain juga siap menjadi tuan rumah, sehingga MTQ kabupaten dapat kita laksanakan di kecamatan secara bergiliran,” jelas Ahyat.

Sesuai dengan ketentuan pokok MTQ Nasional ke-23 Tahun 2010 yang ditetapkan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Nasional, MTQ Kabupaten Belitung akan memperlombakan tujuh cabang musabaqah, yakni cabang tilawah, hifzhil (hapalan), tafsir, fahmil, syarhil, khothil (kaligrafi), dan menulis kandungan Al Quran.

Namun, dari tujuh cabang itu, tutur Ahyat, dapat kita pastikan hanya lima cabang yang ada pesertanya. Dua cabang lainnya, yakni cabang tafsir dan menulis kandungan Al Quran dari berbagai golongan, sampai saat ini belum ada pesertanya.

Sementara itu, dari lima golongan hifzhil Quran, hanya golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, dan 20 juz yang ada pesertanya. Sedangkan golongan 30 juz, baik putra maupun putri, dipastikan tidak ada pesertanya. Dapat pula dipastikan, tiga putra Belitung yang dikirim Pemkab Belitung memperdalam hifzhil Quran di Pondok Pesantren Ahlul Quran, Talang Betutu, Palembang, akan menjadi peserta cabang hifzhil Quran. Mereka adalah Asep Syaifullah (5 juz), Dwi Nurrohman (10 juz), dan Khairul Anam (20 juz).

MTQ Kabupaten Belitung Tahun 2010 direncanakan akan dibuka Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein pada Jumat (9/4) malam di Balai Adat Tanah Timbun Selat Nasik, diawali dengan kegiatan Safari Jumat di Masjid Misbahul Islam dilanjutkan dengan Pawai Ta’arub sore harinya menyusuri jalan utama di ibukota kecamatan ini.

Selain Balai Adat Tanah Timbun, kegiatan MTQ akan dilaksanakan di Gedung Serba Guna Selat Nasik. Khusus Khothil Quran akan digelar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Sedangkan para kafilah dan official akan ditempatkan di rumah penduduk. “Ini juga syiar. Harapan kita, dengan hadirnya para qori dan qoriah di rumah penduduk, pemilik rumah sekeluarga terdorong memperlajari Al Quran,” jelas Ahyat.

Hingga kemarin, Senin (29/3), baru Kecamatan Tanjungpandan dan Kecamatan Membalong yang telah menyampaikan nama peserta, masing-masing 25 dan 18 peserta. Tiga kecamatannya lainnya termasuk Selat Nasik selaku tuan rumah belum, menyampaikan nama peserta.

Qori dan qoriah terbaik MTQ Kabupaten Belitung Tahun 2010 akan mewakili daerah ini pada MTQ Propinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun 2010 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bangka. LPTQ menetapkan, MTQ propinsi harus selesai dilaksanakan pada bulan Mei. Adapun MTQ nasional akan dilaksanakan Juni mendatang di Propinsi Bengkulu. ( (syf)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung