Rabu, 31 Maret 2010 09:56

BUJANG DAYANG BELITONG 2010

Tanjungpandan --- Banyak jalan menuju Roma, kiasan tersebut tidaklah salah. Begitupun Belitung dalam usahanya untuk gencar melakukan promosi. Generasi muda Kabupaten Belitung dikerahkan serta didukung dalam acara pemilihan Bujang Dayang Belitong yang selalu diadakan setiap tahunnya. Pemilihan Bujang Dayang Belitong 2010 kali ini, rencananya akan digelar di minggu keempat bulan Juni 2010 mendatang.

Dalam harian pagi Pos Belitung 30 Maret kemarin, Kasi Promosi Dinbudpar Kabupaten Belitung, Rohili mengatakan bahwa pihaknya akan mulai mempromosikan pemilihan Bujang Dayang Belitong agar mereka yang berminat bisa bersiap dari sekarang dan hasil yang didapat menjadi maksimal. Misalnya dengan pemasangan spanduk sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat untuk ikut serta di Kecamatan masing-masing.

Mereka yang berhak maju ke babak final akan mengikuti masa karantina selama beberapa hari. Selama masa karantina, mereka akan mendapatkan pengetahuan tentang pariwisata, public speaking, etika dan kepribadian. Hal ini menjadi fokus pembelajaran pada saat karantina dikarenakan Bujang Dayang Belitong yang terpilih akan menjadi Duta Pariwisata dan akan diikutsertakan dalam event-event yang berkaitan dengan promosi wisata. Dan bukan tidak mungkin untuk dijadikan ikon produk yang ada di Belitung.

Event ini terbuka bagi putra – putri di Kabupaten Belitung. Bagi mereka yang berminat hendaknya menghubungi kecamatan masing-masing. Peserta yang mengikuti pemilihan di tingkat kabupaten merupakan perwakilan dari kecamatan masing-masing.

Adapun pemilihan Bujang Dayang Belitong 2010

* Pria dan Wanita yang berdomisili di Kabupaten Belitung
* Status belum menikah, pelajar, mahasiswa, karyawan swasta atau negeri
* Berusia 16 – 25 tahun
* Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan adanya Surat Keterangan Dokter Puskesmas setempat
* Tinggi badan untuk bujang min. 170 cm
* Tinggi badan untuk dayang min. 160 cm
* Badan proposional
* Memenuhi parameter kecerdasan, berpenampilan menarik dan berkepribadian menarik atau 3B (Brain, Beauty dan Behaviour)
* Memiliki wawasan pengetahuan umum, pariwisata, budaya Belitung dan kemampuan Bahasa Inggris

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung