Senin, 5 April 2010 09:53

BUPATI BUKA BINTEK KATALOG BASIS DATA SPATIAL TINGKAT DESA TAHUN 2010

Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bintek) Katalog Basis Data Spatial Tingkat Desa Kabupaten Belitung Anggaran 2010 hari ini Senin, 5 April 2010 bertempat di Ruang Pertemuan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Belitung.

Kegiatan Bintek ini akan diikuti 50 Peserta yang merupakan wakil dari seluruh Desa yang ada di Kabupaten Belitung yang dibagi menjadi dua angkatan. Angkatan I akan digelar pada Tanggal 5-9 April 2010, sedangkan Angkatan II akan digelar pada 12-16 April 2010.

Kapala Bappeda Kabupaten Belitung, Ir. Hermanto menjelaskan Bintek Kalatog Basis Data Spatial ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan visi misi pembangunan daerah. Visi tersebut antara lain yaitu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan salah satu upaya peningkatan itu adalah melalui Kegiatan Bintek Katalog Basis Data Spatial ini.

Selanjutnya, Hermanto Menjelaskan Misi sendiri dititikberatkan pada desa yang merupakan ujung tombak pembangunan. Kaitan dengan hal ini yaitu perangkat desa diharapkan bisa menertibkan data yang ada di desa melalui data spatial yang akan dipelajari melalui kegiatan Bintek ini.

Kepala Pusat Survei Sumber Daya Laut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan, Drs Suwahyuono, M.Sc selaku nara sumber, mendukung Kegiatan Bintek ini sebagai bentuk kerja sama antara Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan dengan Perangkat Daerah dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Sementara itu, Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan bahwa Bintek ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Belitung untuk menyiapkan infrastuktur data spatial yang akurat, terintegrasi, dan mudah diaskes, sampai ke tingkat desa.

Darmansyah juga mengharapkan pada seluruh perangkat daerah yang mengikuti pelatihan Bintek ini agar bisa membaca peta dan ruang. ”Selain itu, setiap Kepala Desa juga harus bisa membaca GPS (Global Positioning System) untuk mengetahui letak titik koordinat desa” ujar Bupati.

Turut hadir dalam acara Pembukaan Bintek ini Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Wakil Bupati, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Belitung serta undangan lainnya. 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung