Selasa, 6 April 2010 09:11

EVENT BUDAYA DAN TERBESAR CERIA IMLEK

Sungailiat --- Ceria Imlek merupakan event budaya tahunan terbesar dari enam event yang ada, acara ini menjadi andalan Kabupaten Bangka untuk memikat wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Bangka. Selain Ceria Imlek adapun acara-acara lainnya seperti Festival Muharam, Maulid Nabi, Rebukasan, Mandi Belimau dan Nujuh Jerami.

Pada harian Metro Bangka Belitung senin 5 April 2010 Ahmad Rizal, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka mengatakan, ”Dari banyaknya aset budaya yang ada saat ini ada enam event budaya yang sudah kita agendakan. Dari keenam event tersebut yang terbesar adalah event Ceria Imlek yang kita gelar tiap tahunnya.”

Walaupun saat ini pihaknya sudah mengagendakan sebanyak enam event budaya Kabupaten Bangka, bukan berarti aset-aset budaya lain yang saat ini masih terus berkembang di masyarakat tidak menjadi perhatian pihaknya. Namun kesemuanya tetap menjadi perhatian dan dimonitori secara terus-menerus karena masyarakat sendiri yang akan menilai seberapa besar nilai hiburan atau pengaruh positif yang bisa dipetik dari perayaan event-event budaya tersebut.

Ahmad menambahkan bahwa masih ada dua event budaya yang saat ini sedang dipelajari oleh pihaknya untuk kembali dijadikan event agenda budaya kabupaten, yaitu Sembahyang Rebut dan Cheng Beng. Kedua event tersebut masih perlu dipelajari terlebih dahulu, akan tetapi diakuinya kedua event budaya tersebut diketahui memiliki potensi yang besar untuk dijadikan event agenda budaya kabupaten.

”Nanti kita akan pantau terus jika memang layak kita jadikan event budaya kabupaten, maka kita tetap akan undang tokoh-tokoh agama dan masyarakat yang terkait dengan perayaan event tersebut untuk mensosialisasikannya,” lanjut Ahmad.
Sumber: Metro Bangka Belitung