Selasa, 6 April 2010 09:14

TAMBAHAN ELPIJI UNTUK BELITUNG

Tanjungpandan --- Berbeda dengan stock elpiji di Bangka, persediaan pasokan elpiji di Kabupaten Belitung saat ini relatif normal. Beberapa bulan lalu persediaan elpiji di Belitung memang sempat mengalami kelangkaan, namun akhir-akhir ini kembali tersedia, hal ini dikarenakan jatah pasokan elpiji akan dialokasikan ke Kabupaten Belitung. Namun untuk jumlahnya belum dapat diketahui.

Menurut Erni, salah satu pedagang elpiji di Tanjungpandan mengaku stock gas elpiji saat ini relatif aman, berdasar informasi dari pihak distributornya di Palembang, pasokan elpiji memang antre. Namun Belitung tetap mendapat jatah pasokan, hanya saja harus antre.

”Dalam satu kali masuk ke Belitung, gas elpiji yang dipasok bisa mencapai lebih dari 2000 tabung. Jumlah ini untuk dibagikan kepada beberapa distributor termasuk di Kabupaten Beltim,” lanjut Erni.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya dalam harian Rakyat Pos 5 April menjelaskan ”Kabupaten Belitung mendapat jatah alokasi penambahan dari Babel karena Kabupaten Belitung masuk dalam Wilayah Pemasaran Pertamina Babel. Sementara itu, pemerintah Kabupaten Belitung rencanaya akan mengatur pihak ketiga dalam mengelola pasokan elpiji ini.”

Distribusi gas elpiji di Belitung selama ini memang dikelola oleh pengusaha swasta yang belum menjadi mitra resmi Pertamina. Meski demikian, Disperindagkop Kabupaten Belitung tetap melakukan pemantauan atas distribusi elpiji tersebut. ”Dengan kondisi BBM yang mengalami kenaikan ini, staf saya setiap hari memantau. Tidak hanya sembako, namun juga bahan bangunan,” ungkap Hendra.
Sumber: Rakyat Pos