Rabu, 7 April 2010 09:32

BABEL RENCANAKAN PEMBANGUNAN SPN

Pangkalpinang – Para pemuda-pemudi di Kabupaten Belitung kini tak perlu jauh-jauh jika bercita-cita menjadi Polisi. Pasalnya kini keinginan untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Kepolisian Negara dapat dilakukan di Provinsi Babel sendiri, karena dalam waktu dekat ini, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan memiliki Sekolah Polisi Negara (SPN) yang akan dengan bekerjasama dengan Mabes Polri yang berlokasi di Kabupaten Bangka. Hal ini seperti diungkapkan oleh ketua Komisi I DPRD Babel, Junaidi Thalib, didampinggi anggota, Hakiki yang kami lansir dari Harian Bagka Pos, Selasa (6/4).

Rencananya kita akan punya SPN sendiri, dimana sudah dianggarkan tahun 2010 ini. Lokasinya rencananya di Desa Balun Ijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka dengan luas10 Ha. Pembangunan SPN akan membantu putra daerah yang ingin masuk
menjadi aparat kepolisian. Selain meminimalisasi dana, juga dapat menambah quota penerimaan bagi masyarakat yang mau menjadi polisi, katanya.

Dana yang digunakan adalah dana APBD dan sudah dianggarkan di tahun 2010 ini, dengan sharing dengan Mabes Polri. Gedung dan fasilitas akan di biayai oleh APBD, tetapi untuk mekanisme dan teknis pendidikan langsung oleh pihak Mabes Polri, lanjutnya.

Sementara Haiki menambahkan bahwa pembangunan SPN ini sudah dikaji dan diteliti dimana selain akan menyerap putra daerah lebih banyak. Juga dapat menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi daerah. Jadi para pemuda tidak perlu jauh menjalani pendidikan di Betung, Palembang, sehingga nantinya cukup di Babel saja. Selain itu kalau SPN benar di bangun di Babel ini, misalnya dulu kuota hanya 100 Bintara, bisa saja sekarang  400 bintara," jelasnya.
Sumber: Bangka Pos