Rabu, 7 April 2010 09:33

MAHASISWA AKPER PANGKALPINANG LAKUKAN PLB DI BELITUNG

Tanjungpandan—Dalam rangka kegiatan Praktek Belajar Lapangan (PBL), ratusan mahasiswa Akademi Keperawatan Pangkalpinang lakukan kegiatan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di Kabupaten Belitung. Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan selama 14 hari yang dipusatkan di Desa Sungai Samak dan desa Pegantungan, Kecamatan Badau.

Kedatangan rombongan rencananya akan disambut langsung oleh Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein pada Kamis, 8 April 2010 di Balai Desa Sungai Samak, Kecamatan Badau.

Fokus pembelajaran dalam kegiatan ini akan melibatkan masyarakat di sekitar sebagai bagian dari sistem sosial dan subsistemnya yang akan mempengaruhi tingkah laku masyarakat yang berkaitan dengan masalah kesehatan.

Dalam PBL ini mahasiswa akan menerapkan proses keperawatan pada keluarga, kelompok, dan masyarakat sebagai klien dalam konteks keperawatan kesehatan utama. Program ini menekankan pada peningkatan kesehatan, pemeliharaan kesehatan, dan pencegahan penyakit melalui penyuluhan kesehatan.

Adapun tujuan umum kegiatan ini adalah untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi serta mengupayakan penggunaanya untuk kehidupan bermasyarakat.

Sedangkan tujuan khusus pelaksanaan PBL ini difokuskan agar mahasiswa mampu melakukan pengkajian keperawatan komunitas dalam pelayanan kesehatan utama, mampu menegakkan diagnosa keperawatan komunitas, mampu menyusun rencana tindakan keperawatan komunitas, mampu melaksanakan tindakan keperawatan komunitas serta mampu melakukan evaluasi keperawatan komunitas.

Laporan yang kami terima dari Bagian Kesejahteraan Rakyat yang mengkoordinir kedatanagn rombongan disebutkan bahwa Kegiatan ini akan diikuti sebanyak 109 orang mahasiswa yang terdiri dari, laki-laki 34 mahasiswa dan perempuan 75 mahasiswa yang akan dibagi menjadi 8 kelompok serta dikuti pula oleh 3 orang pembimbing, yakni Zamziri, S.ep, Restu Helliyanti, S.Kep, Ns dan Azwani, S.Kep, M.Kes.

Lebih jauh kegiatan ini mengandung makna yang penting sebagai salah satu upaya meningkatkan pembinaan dan pengembangan kemampuan dan keterampilan mahasiswa guna membantu masyarakat dalam pemberian pelayanan kesehatan maupun sosialisasi program kesehatan bagi masyarakat. Di samping itu, kegiatan ini dapat dijadikan salah satu upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Belitung, karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam upaya mempersiapkan sumber  daya  manusia  yang  tangguh, bermutu, dan berkemampuan tinggi yang pada akhirnya merupakan modal dalam pembangunan Nasional.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung