Jum'at, 9 April 2010 08:53

BUPATI TUTUP DIKLAT PRAJABATAN CPNS GOLONGAN II DI LINGKUNGAN PEMKAB BELITUNG

Tanjungpandan—Pendidikan dan latihan prajabatan ini merupakan salah satu upaya pembinaan awal bagi CPNS sebelum menjadi PNS. Sistem karir merupakan sistem demokrasi dalam kepegawaian dimana dalam pembinaan pegawai tersebut akan diadakan seleksi secara terus menerus. Untuk itu, PNS dituntut agar dapat berkompetisi secara sehat dalam melaksanakan tugasnya dengan menunjukkan kemampuan dan keterampilan masing-masing, sehingga mencapai prestasi kerja yang optimal, ungkap Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein dalam sambutannya pada Acara Penutupan Diklat Prajabatan bagi CPNS Golongan II di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Belitung tahun 2010, pada Kamis, 8 April 2010, pukul 09.00 di SKB-Perawas.

Selanjutnya Darmansyah menghimbau kepada para peserta diklat untuk dapat terus mengasah kompetensi diri, baik dari jalur formal maupun informal. Penting untuk disadari sejak awal bahwa PNS adalah pelayan masyarakat untuk memberikan informasi dan pelayanan kepada publik. Tidak ada satu hukum pun yang melarang PNS menjadi hartawan, namun tidak dengan cara melakukan hal-hal yang tidak terpuji seperti korupsi. Mari kita perangi biang-biang korupsi di tubuh birokrasi dengan menjadi PNS yang penuh dedikasi dan disiplin yang tinggi tanpa menuntut pamrih berlebihan, tegasnya.

Sementara, salah satu peserta Diklat yang berasal dari tenaga pendidik, Misnah yang sempat kami temui seusai mengikuti acara penutupan mengaku lega setelah mengikuti serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan kurang lebih 15 hari meliputi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan secara terjadwal, baik berupa pemberian materi, ceramah, diskusi dan tanya jawab hingga kegiatan simulasi dan outbond.

”Ia berharap agar bekal ilmu pengetahuan yang telah diperolehnya semasa mengikuti kegiatan diklat dapat berguna bagi pengembangan kemampuan dan keterampilannya selama berkecimpung sebagai PNS serta dapat menjadi bekal dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai abdi negara. Apalagi setelah selesai mengikuti Diklat Prajabatan ini, seorang CPNS berhak menyandang gelar PNS yang dalam hal ini akan membutuhkan peningkatan produktivitas kerja dan profesionalisme yang tinggi dalam pelaksanaan tugas”, jelasnya.

Adapun para peserta yang mengikuti kegiatan Diklat prajabatan yang telah berlangsung sejak 24 Maret 2010 ini, diikuti sebanyak 55 peserta yang terdiri dari 25 orang tenaga guru sebanyak 25 orang, tenaga kesehatan sebanyak 22 orang dan tenaga teknis sebanyak 10 orang.

Acara ini turut dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Andi Saparudun Lanna, SH, Kepala Kantor Diklat, Susilawati SE, Kepala Dinas Perindagkop, MZ.Hendra Caya, M.Si, Kepal Dinas Pendidikan, Drs.Rafeli, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Mirang Uganda, SH, perwakilan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung serta para undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung