Jum'at, 9 April 2010 08:54

PKIM LAKUKAN PENELITIAN OSEANOGRAFI DI PULAU BELITUNG

Tanjungpandan—Pelayaran Kebangsaan Ilmuwan Muda (PKIM) Tahun 2010 akan melakukan kegiatan penelitian oseanografi di Pulau Belitung yang rencananya akan dimulai pelaksanaanya pada, Sabtu, 10 April 2010 dengan menggelar acara pelepasan yang berlangsung di Pelabuhan Tanjung Batu, Kecamatan Badau.

Acara pelepasan ini rencananya akan dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos, Wakil Menteri Pendidikan Nasional RI, Gubernur Provinsi Bangka Belitung serta segenap Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan mengirim sebanyak 40 orang mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan penelitian di bidang kelautan di perairan Belitung. Ini merupakan bagian dari upaya menuju Revolusi Biru (Blue Revolution). "Kita punya lahan laut yang luas dan ini potensi kita, di mana sumber kekayaan dan makanan harus pindah ke laut dan tidak hanya di darat," ujar Wakil Menteri Pendidikan, Fasli Djalal saat melepas Pelayaran Kebangsaan Ilmuwan Muda di dermaga Muara Baru, Jakarta Utara, Sabtu, 3 April 2010 seperti yang kami lansir dari detikNews.

Selanjutnya ke depan diharapkan para mahasiswa dan dosen dapat banyak menerbitkan publikasi ilmiah tentang perairan di Indonesia. Mulai dari indentifikasi fokus dan topik penelitian unggulan dan strategi dalam bidang oceanografi dan biologi yang diharapkan memberikan kontribusi bagi permasalahan ketahanan pangan.

Sementara itu, Wakil Kepala LIPI, Lukman Hakim, mengatakan bahwa pelayaran kebangsaan ini mempuyai tujuan untuk mempercepat penyediaan sumber daya manusia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dengan pendamping peneliti LIPI akan menyusun hasil penelitian untuk kemudian diterbitkan dalam bentuk jurnal ilmiah.

"Penelitian di bidang marine paling tinggi diminati oleh asing, saya berharap dengan kesempatan ini dapat menarik manfaat. Kegiatan ini sudah dimulai sejak 2008 dan telah tersusun dalam 20 jurnal," jelas Lukman.

Penelitian Oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan segala fenomenanya. Dalam penelitian ini para pelayar akan mempelajari berbagai topik, termasuk organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudera, ombak, dan dinamika fluida geofisika, tektonik lempeng dan geologi dasar laut, serta aliran berbagai zat kimia dan batas-batasnya.
Secara umum penelitian ini ditujukan untuk memperluas pengetahuan mengenai samudera dan memahami proses di dalamnya dengan menggabungkan berbagai disiplin ilmu, diantaranya biologi, kimia, geologi, meteorologi, dan fisika. Selain itu hal penting yang mendasari diadakannya Pelayaran Kebangsaan yakni, untuk mempercepat penyediaan SDM yang handal dalam IPTEK Kelautan, karena selama ini Negara kita masih sangat membutuhkan SDM berkualitas yang menguasai IPTEK kelautan agar mampu mengolah aset kelautan yang ada.

Harapannya tentu hasil akhir dari kegiatan pelayaran ini dapat memberikan kontribusi positif dan dapat menjadi bahan masukan bagi Pemerintah abupaten Belitung tentang hala-hal yang dapat dilakukan bagi kemajuan di bidang kelautan dalam upaya kemajuan kehidupan masyarakat  Belitung di masa yang akan datang.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung