Rabu, 14 April 2010 09:23

BPH MIGAS KUNJUNGI BELITUNG

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Tubagus Haryono beserta segenap rombongan bertandang ke Belitung dalam rangka kunjungan kerja pada Selasa, 13 April 2010. Kedatangan rombongan disambut hangat Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein, Sekda Belitung, Ir.H.Mulgani beserta segenap Jajaran Pemerintah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung di Bandara Hanandjoedin.

Kedatangan rombongan dilanjutkan dengan kegiatan peninjauan yang turut dihadiri General Manager (GM) Unit Pemasaran (UPMs) II Pertamina Sumbagsel, Haris Budiarto, Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos beserta rombongan menuju kawasan wisata di Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Pelabuhan Tanjung Batu serta Dermaga Jober Pertamina Tanjungpandan.

Disela-sela peninjauan ke kawasan Pelabuhan Tanjung Batu, GM Pertamina Sumbagsel, Haris Budiarto mengatakan bahwa pertamina mengapresiasi positif pembangunan Pelabuhan tanjung Batu, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau. Kawasan pelabuhan ini dinilai bisa menjadi salah satu tempat, bila rencana pembangunan Depo Pertamina direalisasikan. Dengan keberadaan Pelabuhan Tanjung Batu, UPMS II Pertamina bisa menghemat keberangkatan kapal yang akan membawa pasokan BBM ke Belitung, ungkapnya.

Sementara Bupati Belitung disela peninjauan di Jober Tanjungpandan mengatakan terkait kemungkinan pembangunan Depo Pertamina dan penambahan suplai BBM ke Kabupaten Belitung. Pemerintah daerah masih fokus pada perbaikan sistem pendistribusian BBM kepada masyarakat. “depo ini akan kami bicarakan lebih lanjut lagi, yang jelas sistem yang ada saat ini akan kita perbaiki dulu karena penambahan suplai itu juga terkait dengan sistem yang sudah ada sekarang, ungkap Darmansyah.

Pada malam harinya acara kunjungan kerja dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah dan paparan KEK yang disampaikan oleh Bupati Belitung dihadapan rombongan BPH Migas serta segenap undangan yang hadir. Adapun materi yang disampaikan diantaranya mengenai strategi pengembangan Kabupaten Belitung melalui pengembangan kawasan-kawasan potensial menyangkut lima kawasan, diantaranya kawasan pengembangan perikanan dan kelautan, kawasan wisata, kawasan pengembangan Tanjung Batu dan industri, central bussines distric dan kawasan pengembangan agropolitan. “mudah-mudahan setelah mendengar paparan KEK ini, BPH Migas bisa menjadi humasnya Belitung dalam upaya memperoleh dukungan pengembangan KEK dan pariwisata Belitung, ungkap Bupati.

Menanggapi paparan KEK yang disampaikan Bupati, Kepala BPH Migas mengatakan bahwa konsep KEK di Belitung cukup menarik, apalagi wilayah Belitung cukup strategis dan potensial. “saya merasa gembira akhirnya bisa berkunjung ke Belitung dan melihat tempat-tempat seperti yang diceritakan di Flim Laskar Pelangi, karena sejak lama saya sudah kagum dengan Belitung”, ungkapnya.

Disamping itu, kunjungan ini dalam rangka sosialisasi mengenai penerapan uji coba sistem informasi Manajemen Pengaturan dan Pengawasan Volume Penggunaan BBM (SIMTURWASVOL) di sektor transportasi darat yang mengarah kepada mekanisme pengawasan BBM sektor transportasi darat berbasis teknologi informasi dengan menggunakan Kartu Fasilitas. Terkait hal ini BPH Migas berencana akan melakukan MOU dengan pemkab Belitung. Adapun tujuan diterapkannya sistem ini agar bisa dilakukan pelacakan identitas dan pergerakan kendaraan bermotor sekaligus dalam upaya pengoptimalan proses pendistribusian BBM yang adil dan dapat dinikmati seluruh rakyat Indonesia.

Selanjutnya pada hari ini, Rabu, 14 April 2010 Bupati dan rombongan bertolak mengunjungi pulau lengkuas dan sekitarnya guna melihat dan memperkenalkan keindahan panorama alam dan kekayaan pariwisata Belitung.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung