Jum'at, 16 April 2010 09:48

BPS BAKAL GELAR RAPAT INTERDEP SENSUS PENDUDUK 2010

Tanjungpandan—Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung akan menggelar Rapat Interdep Persiapan Sensus Penduduk 2010 dalam rangka menyambut pelaksanaan sensus penduduk tahun 2010 yang akan digelar pada bulan Mei mendatang. Kegiatan ini rencananya akan digelar pada Rabu, 21 April 2010 di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung.

Rapat ini akan dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein yang akan dilanjutkan dengan kegiatan penyematan pin SP2010 dan paparan yang akan disampaikan Kepala BPS Kabupaten Belitung, Kepala Bappeda Ir.Hermanto, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Suharyanto, S.AP serta diskusi dan tanya jawab dengan segenap undangan yang hadir.
Kegiatan yang digelar Badan Pusat Statistik (BPD) Kabupaten Belitung ini mengusung tema "Urgensi Sensus Penduduk 2010 dalam Mendukung Penentuan Arah Perencanaan Pembangunan Daerah" dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang pentingnya sensus penduduk 2010 yang akan dimulai pelaksanaanya tepat pada tanggal 1 hingga 31 Mei mendatang.
Sensus Penduduk 2010
Sensus penduduk atau cacah jiwa merupakan kegiatan penghitungan jumlah penduduk di seluruh atau sebagian teritorial suatu negara dan mengumpulkan karakteristik pokok semua penduduk, rumah tangga dan bagunan tempat tinggal. Penyelenggaraan sensus penduduk yang dilaksanakan BPS sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali pada tahun berakhiran angka nol. Sensus Penduduk tahun ini merupakan sensus ke-6 yang dilaksanakan pada tahun 2010.
Kegiatan sensus bertujuan untuk menghitung jumlah penduduk serta mengumpulkan informasi dasar kependudukan dan perumahan masyarakat Indonesia sebagai sarana merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi keberhasilan pembangunan bangsa. Melalui sensus penduduk akan diperoleh informasi dasar kependudukan dan perumahan yang diperlukan untuk bahan evaluasi pembangunan serta untuk menyusun perencanaan pembangunan kependudukan, sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia di masa mendatang.
Dalam kegiatan sensus, petugas akan mendatangi setiap tempat tinggal penduduk untuk melakukan pendataan dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner), serta menempelkan stiker SP 2010 pada bangunan tempat tinggal, sebagai tanda tempat tinggal yang penghuninya telah terdata.
Kesuksesan pelaksanaan Sensus Penduduk 2010 merupakan harapan kita semua. Dengan pelaksanaan yang baik nantinya, tentunya akan menghasilkan data kependudukan yang baik dan berguna bagi pemerintahan, masyarakat, akademisi, pemangku kepentingan, serta instansi terkait. Hal ini tentunya membutuhkan peran serta dan partisipasi seluruh komponen masyarakat maupun pemerintah dalam mensukseskan sensus penduduk 2010. Pastikan anda dihitung karena kebenaran jawaban kita semua akan membantu keberhasilan pembangunan bangsa. Mari kita sukseskan pelaksanaan sensus penduduk 2010.
Sumber: BPS Kab. Belitung