Senin, 19 April 2010 09:30

BUPATI BUKA PELATIHAN SELAM SATLAK PENANGGULANGAN BENCANA

Tanjungpandan--- ”Dari berbagai bencana yang terjadi, tindakan terbaik yang harus kita lakukan adalah melakukan berbagai persiapan dan penanggulangan dalam hal mengambil langkah siaga untuk mengantisipasi terjadinya bencana di daerah. Salah satunya melalui kegiatan pelatihan selam ini. Mengingat Belitung dikelilingi oleh perairan, ungkap Bupati Belitung, Ir.H.Darmansayah Husein dalam sambutannya pada Acara Pembukaan Pelatihan Selam Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Bencana Kabupaten Belitung Tahun 2010 yang berlangsung pada Senin, 19 April 2010 di Gedung Wanita Tanjungpandan.

Selanjutnya Darmansyah menghimbau kepada kita sekalian agar di masa mendatang kita dapat lebih berhati-hati dan disiplin dalam segala tindakan, supaya kita selamat dan terhindar dari bencana di setiap saat. Jangan sampai akibat kelalaian yang kita lakukan akan merugikan dan mencelakai orang lain, tegasnya.

Kegiatan pelatihan selam satlak penanggulangan bencana yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat akan berlangsung selama 6 hari yakni, tanggal 19-24 April 2010 dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, kesadaran dan kepedulian peserta dalam penanganan bencana terutama pad asaat tanggap darurat di air, serta menumbuhkembangkan apresiasi masyarakat dalam mendukung kegiatan sektor pariwisata di dibidang selam (Diving) sehingga terciptanya peningkatan kesiapsiagaan daerah dalam menghadapi bencana dan kunjungan wisatawan.

Dalam kegiatan yang diikuti sebanyak 20 orang peserta yang terdiri dari utusan tiap Kecamatan, unsur Dinas/Instansi terkait, TNI/POLRI,TAGANA, serta Organisasi Masyarakat, para peserta akan mendapatkan materi pembekalan yang meliputi, dinamika kelompok dari Badan Kesbangpol dan Linmas, peran POS AL tentang keamanan di Laut dari Danposal AL Mendanau, pengenalan organisasi POSSI dan Organisasi Selam serta tehnik dasar menyelam dari Corona Diving Club.

Pembekalan materi dilanjutkan dengan pemberiaan materi praktek di lapangan yang mengambil lokasi di Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk. Adapun materi di lapangan yang akan diberikan meliputi pengenalan, tata cara bongkar pasang dan pembersihan peralatan selam, latihan keterampilan  kolam renang, pengaturan bouyance, latihan penyelaman, ujian materi serta tes keterampilan.

Turut hadir dalam acara pembukaan Para Muspida, Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat, Hendro Gupito, SH, para Instruktur serta Jajaran di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Belitung.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung