Senin, 19 April 2010 09:32

SELAT NASIK TUJUAN WISATA TAHUN 2011

Selat Nasik, “Kecamatan Selat Nasik kian mengukuhkan posisinya sebagai daerah wisata di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ini akan kita jadikan daerah tujuan wisata, tidak hanya untuk Kabupaten Belitung, tapi daerah tujuan wisata Propinsi juga. Kita proyeksikan ke sini yang tidak hanya untuk pengembangan daerah wisata, namun juga untuk pembudidayaan ikan dan sebagainya,”kata Ir.H.Eko Maulana Ali Gubernur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya pada Puncak Maras Taun di Kecamatan Selat Nasik (Minggu, 18 April 2010) seperti dikutip di harian Pagi Pos Belitung, senin 19 April 2010

Eko menilai Pelaksanaan acara Maras Taun di Kecamatan Selat Nasik semakin bagus. ”Saya bandingkan dengan tahun 2007 yang lalu ini sangat maju sekali dan sangat bagus dan di manage oleh panitia-panitia yang berpengalaman.

Sementara itu Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein mengatakan adanya perhatian Pemerintah Propinsi Bangka Belitung terhadap acara Maras Taun. Kita patut bersyukur dari pihak Propinsi bagus tanggapannya. Ini event yang sudah setiap tahun kita adakan dan kita evaluasi lagi nanti bahwa ini harus total dan juga melibatkan dinas-dinas yang ada di Kabupaten”Darmansyah.
Pada kesempatan itu Camat Selat Nasik Warsito,S.Ag, mengatakan pelaksanaan puncak Maras Taun berlangsung meriah, hanya saja pada acara inti tidak terdapat prosesi kesalan yang selama ini selalu dilaksanakan. Sebenarnya acara puncak Maras Taun berupa kesalan sudah di agendakan, tapi urung dilaksanakan karena permintaan dari dukun kampung itu sendiri.
Kedepan Maras Taun pada tahun mendatang, jelas Warsito akan dikembalikan ke bentuk aslinya.”kedepan kami harapkan agar upacara adat ini bisa dilaksanakan terus.

Puncak Maras Taun ditandai dengan pemotongan lepat raksasa yang dilakukan oleh Gubernur, Bupati dan rombongan. Gubernur dan Bupati menyempatkan diri membagikan hasil potongan lepat raksasa kepada masyarakat dan mengunjungi stand pameran pembangunan desa.

Acara puncak Maras Taun di Kecamatan Selat Nasik, selain dihadiri Gubernur dan Bupati Belitung, juga di hadiri Wakil Bupati Belitung, Kepala Dinas Kebuyaan dan Pariwisata Prop.Kep.Babel, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Unsur Muspida, Kepala Bagian Pemerintah Kabupaten Belitung, serta undangan yang hadir
Sumber: Pos Belitung