Rabu, 21 April 2010 01:32

BUPATI BUKA BINTEK PENATAAN RUANG

Tanjungpandan-Dalam rangka Perencanaan Revisi RT/RW Kabupaten Belitung Tahun 2010, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Belitung menggelar Bimbingan Teknis Penataan Ruang Daerah Kabupaten Belitung yang dubuka oleh Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein, hari ini, Selasa, 20 April 2010 bertempat di Ruang Rapat Mendanau Hotel Impian Tanjungpandan. Kegiatan Bintek ini akan dilaksanakan selama 2 hari, dari Tanggal 20-21 April 2010.

Kepala Bappeda Kabupaten Belitung, Ir. Hermanto dalam laporannya menyampaikan tujuan diadakannya Bintek Penataan Ruang Daerah Kabupaten Belitung ini yaitu agar seluruh kegiatan yang memanfaatkan ruang di Kabupaten Belitung dapat di gambarkan secara spatial dalam peta wilayah Kabupaten Belitung. Selain itu tujuan Bintek ini juga untuk mempersiapkan seluruh instansi terkait dalam memberikan masukan terhadap rencana pemanfaatan guna lahan Kabupaten Belitung.

Hermanto juga menyampaikan materi yang disampaikan pada peserta Bintek yaitu Penyelenggaraan Penataan Tata Ruang Daerah, Peran dan Kedudukan RT/RW dalam Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah, Proses Perencanaan Tata Ruang, Penyelesaian Konflik Pemanfaatan Hutan, Penataan Ruang Laut, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil serta Kerjasama Pembangunan Antar Wilayah.

Sementara itu, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya menyatakan bahwa tata ruang merupakan kesejahteraan masyarakat, sehingga pemerintah harus bisa mengatur tata ruang demi kesejahteraan masyarakat.

Darmansyah juga menjelaskan yang terpenting dalam mengikuti Bintek ini adalah arah kesepakatan Penataan ruang yang kemudian akan diserahkan kepusat.

Selanjutnya, setelah membuka Bintek Penataan Ruang, Bupati Belitung bersama Direktur Fasilitasi Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup Dirjen Bina Bangda Kemdagri, DR. Sjofyan Bakar, M.Sc, Kasubbid Perencanaan, Pemanfaatan dan Pengendalian Tata Ruang Dirjen Bina Bangda Kemdagri, Ir. Gunawan MA, Bappenas RI, Ir. Dwi Heriawan s, Ma beserta undangan lainnya melajutkan peninjauan lapangan di Pelabuhan Tanjung Batu yang di usulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Unsur Muspida Kabupaten Belitung dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah serta undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung