Rabu, 21 April 2010 09:52

DISBUDPAR KABUPATEN BELITUNG GELAR WORKSHOP DAN PELATIHAN PENATA TARI/MUSIK DAERAH

Tanjungpandan—Pemerintah kabupaten Belitung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung menggelar Kegiatan Workshop dan Pelatihan Penata Tari/Penata Musik Daerah yang berlangsung pada Selasa, 20 April 2010 di Gedung Nasional, Tanjungpandan.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Disbudpar sebagai upaya kongkrit untuk menggiatkan sektor kepariwisataan di Kabupaten Belitung sekaligus ajang pengembangan dan peningkatan kreatifitas para peserta, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam upaya menggiatkan seni tari/musik. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM khususnya para penata seni di lingkungan daerah Belitung, agar bisa meningkatkan dan mengembangkan kebudayaan daerah sebagai aset pariwisata.

Dalam sambutannya Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein yang pada kesempatan ini diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Belitung, Drs. H. Zakaria A. Rifai mengatakan Eksistensi seni dan musik daerah di Kabupaten Belitung tidak atau kurang berkembang seperti di daerah-daerah lain karena minat dan perhatian masyarakat akan seni sangatlah minim. Hal ini di indikasikan dengan langkanya pertunjukkan seni tari dan musik daerah yang diselenggarakan ditengah kehidupan masyarakat, katanya.

Lebih lanjut disebutkan pula bahwa pentas seni tari atau musik bukan hanya dipandang sebagai ajang pengembangan dan peningkatan kreatifitas, tetapi lebih dari pada itu, pentas tari atau musik daerah adalah media informasi yang edukatif dan transformatif bagi masyarakat ditengah derasnya hantaman arus globalisasi, termasuk sebagai media publikasi dan persuasi pemerintah dalam menyebarluaskan berbagai kebijakan positif bagi masyarakat. Selanjutnya diharapkan kepada para peserta pelatihan untuk dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh hingga pengakhiran nanti, ungkap Zakaria.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Drg. Hj. Dian Farida, dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas seni dan budaya daerah, jelasnya.

Kegiatan yang mengusung tema “Melalui Pelatihan Penata Tari/Penata Musik Daerah Tahun 2010, Kita Tingkatkan Kualitas Pekerja Seni Guna Mengembangkan Kesenian sebagai Aset Pariwisata” diikuti para peserta berjumlah 100 orang yang terdiri dari 30 orang penata tari, 30 orang penata musik dan 40 orang penari yang berasal dari 5 kecamatan di Kabupaten Belitung dengan instruktur berjumlah 3 orang yang berasal dari ISI Yogyakarta.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung