Rabu, 21 April 2010 10:06

PENUTUPAN KKN AKPER PANGKALPINANG DI DESA SUNGAI SAMAK

Badau- Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Belitung Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si, hari ini Rabu, 21 April 2010 Bertempat di Kantor Kepala Desa Sungai Samak menutup secara resmi Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Komunitas Akademi Keperawatan (Akper) Pangkalpinang Angkatan XIV Tahun 2009-2010, yang dilaksanakan selama 14 hari. Kegiatan ini dimulai sejak Tanggal 7 April 2010 yang lalu.

Pembantu Direktur (Pudir) III Akademi Keperawatan Yayasan Pendidikan Pangkalpinang, Zamziri melaporkan bahwa apa yang diinginkan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini sudah tercapai dengan baik.

Zamziri juga menyatakan bahwa beberapa hari yang lalu pihaknya bersama dengan peserta KKN telah mengadakan Musyawarah Desa dan membahas resiko masalah yang terjadi dalam masyarakat. ”Masyarakat sangat antusias menerima Musyawarah Desa ini. Ini terbukti, lebih dari 50 Persen dari penduduk setempat hadir dalam acara tersebut,” ujar Zamziri.

Selain melakukan Musyawarah Desa, para mahasiswa Akper juga melakukan beberapa kegiatan lainnya diantaranya Sunatan Massal, Gotong Royong, Pengobatan Gratis melalui izin Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, serta mengadakan beberapa pertandingan olahraga dengan Akper Belitung.

Sementara itu Bupati Belitung yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Belitung, Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si, dalam sambutannya menjelaskan bahwa KKN merupakan salah satu sumbangan yang berarti dari kalangan akademik terhadap perbaikan dan kemajuan suatu wilayah tertentu. Sehingga diharapkan bentuk pengabdian pada masyarakat yang relatif singkat ini memberikan gambaran akan realitas masyarakat yang ada sekaligus menjadi bekal pengalaman sebelum bekerja dan terlibat langsung secara intens dengan masyarakat.

Selanjutnya Hariyadi juga menambahkan, KKN juga merupakan suatu upaya untuk mensinkronisasikan materi yang didapat dibangku kuliah dengan kenyataan yang ada. Jika ada kesenjangan diantara keduanya, berarti ada masalah yang menuntut kita untuk berfikir, memberikan analisis serta menemukan solusinya.

Kegiatan ini diikuti 100 Peserta dari Akper Yayasan Pedidikan Pangkalpinang dan dihadiri Wakil dari Dinas Kesehatan, Perwakilan dari Dinas Pendidikan, Camat Badau, Kepala Desa Sungai Samak, Kepala Desa Pegantungan, serta undangan lainnya.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung