Jum'at, 23 April 2010 10:21

MEI, PEMILIHAN BUJANG DAYANG BELITUNG 2010 AKAN DIGELAR

Tanjungpandan-- Pemilihan dan pembinaan Bujang Dayang Belitong Tahun 2010 akan dilaksanakan mulai tanggal 27-30 Mei 2010 dan pemilihan kali ini akan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya., diantaranya para peserta yang berhasil masuk grandfinal akan diberikan pilihan kostum yang lebih variatif dari Disbudpar. “Mereka nanti tidak hanya akan mengenakan baju daerah tapi juga kostum fashion model yang lebih modern, dan mereka nanti akan kami sediakan kostum fashion model juga, jadi tampilannya agak berbeda dengan tahun lalu yang hanya menggunakan pakaian daerah saja, tentu saja ini akan menarik nantinya”, ungkap Rohili, Kepala Seksi Promosi Wisata, Bidang Pemasaran Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung seperti yang kami lansir dari Harian Pos Belitung, edisi Kamis, 15 April 2010.

Saat ini pemilihan Bujang Dayang Belitong tengah memasuki tahap seleksi tingkat kecamatan. Pihak Disbudpar telah menyebar surat mengenai rencana kegiatan ini diseluruh kantor kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung. Dalam surat tersebut tercantum sejumlah kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi calon Bujang Dayang Belitong. Setiap kecamatan ini nantinya minimal harus mengirimankan lima pasangan calon Bujang Dayang Belitong, sedangkan jumlah maksimalnya tidak ditentukan. Bujang Dayang Belitong juga tidak hanya diperuntukkan pada pelajar saja. Nantinya perwakilan dari setiap kecamatan ini nanti akan diseleksi lagi pada tanggal 27 Juni dan dari seleksi tersebut akan dipilih 10 orang Dayang terbaik dan 10 orang Bujang terbaik yang kemudian akan dipasangkan dengan sistem undian. Penilaian nantinya akan dilakukan perorangan bukan per pasangan, Baik pada seleksi masuk maupun saat grandfinal, jelasnya.

Lebih lanjut Rohili mengatakan bahwa 10 pasangan yang ditentukan lewat undian ini akan mendapatkan pembekalan dari tanggal 28-30 Juni 2010 di salah hotel di Kabupaten Belitung. Selama itu mereka akan dikarantina untuk mendapatkan sejumlah materi dari beberapa orang praktisi seputar pariwisata dan pengetahuan umum. Mereka juga nantinya akan turun langsung ke lapangan untuk melihat aktivitas kepariwisataan dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Belitung.

Setelah itu, Grand Final Pemilihan Bujang Dayang Belitong akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2010 pukul 8 malam di gedung Nasional Tanjungpandan. Acara ini sendiri menurut Rohili terbuka untuk masyarakat umum dan tidak ada biaya masuk, tegasnya.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin Pemkab Belitung yang dikoordinir Disbudpar Kabupaten Belitung setiap tahunnya untuk membentuk duta-duta wisata sekaligus menyambut kemeriahan hari jadi kota Tanjungpandan yang jatuh setiap tanggal 1 Juli.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung