Senin, 26 April 2010 13:29

BUPATI BUKA BIMTEK PEMBERDAYAAN KUMKM SEKTOR WISATA DAN PERIKANAN PESISIR

Tanjungpandan---Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pemberdayaan KUMKM Sektor Wisata dan Perikanan Pesisir yang berlangsung pada Senin, 26 April 2010 di Hotel Pondok Impian dan dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein.

Bintek ini terselenggara berdasarkan surat dari Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementrian Negara Koperasi dan UKM RI Nomor:18/Dep 6/VI/tanggal 12 April 2010 dan Nomor:18/Dep 6/IV/tanggal 19 April 2010 tentang acara yang dimaksud. Hal ini seperti diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Belitung, Mz.Hendra Caya, SE, M.Si dalam laporannya.

Kegiatan bintek ini diikuti sebanyak 80 peserta yang terdiri dari 30 oarang peserta dari pelaku KUMKM wisata dan 50 peserta dari pelaku KUMKM perikanan pesisir yang terbagi menjadi 20 peserta dari Belitung dan 30 peserta dari Belitung Timur. Adapun maksud dan tujuan Bintek ini yakni, untuk meningkatkan peran KUMKM dan mengembangkan produktivitas KUMKM dalam menyukseskan Visit Babel Archipelago 2010, lanjut Hendra menutup laporannya.

Sementara Asisten Deputi Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementrian Negara Koperasi dan UKM RI, Ir.Endah Srinarni, M.Sc dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan Bintek ini dalam rangka mendukung Visit Babel Archipelago 2010 dalam upaya meningkatkan pengembangan pengasuh dan pengelola KUMKM yang muara akhirnya untuk membentuk sistem kerjasama usaha dalam rangka meningkatkan daya saing daerah pesisir serta mengembangkan pola kemitraan dengan para investor, ungkapnya.

Selanjutnya Endah menjelaskan adapun materi yang akan disampaikan pada penyelenggaraan Bintek ini menyangkut informasi-informasi tentang pelayanan kepada masyarakat, pendayahgunaan usaha dan manajemen pengembangan produk KUMKM. Ke depan setelah penyelenggaraan Bintek ini akan dilanjutkan dengan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan ”Bisnis Plan” yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan juni mendatang, jelasnya.

Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu potensi dan peluang bisnis yang prospektif untuk dikembangkan di Belitung saat ini adalah pemberdayaan KUMKM untuk menggeser peran utama sektor pertambangan yang menjadi andalan selama bertahun-tahun yang kini keberadaanya mulai menipis. Sayangnya revitalisai dan percepatan kebijakan pemerintah masih terkendala beberapa faktor yang dinilai kurang efektif, ungkapnya.

Untuk itu Bupati berharap kiranya perlu dilakukan solusi lain agar dapat lebih menguatkan program pemberdayaan KUMKM yang telah ada melalui beberapa hal diantaranya, dengan meningkatkan jumlah dan kualitas SDM atau pembina KUMKM di daerah yang kompeten, penguatan kelembagaan unit pembina KUMKM di daerah, optimalisasi koordinasi lintas instansi di pusat dan daerah serta koordinasi antar dinas terkait di level Pusat, Provinsi dan Kabupaten ditambah dengan upaya peningkatan kegiatan penyuluhan, pengawasan dan evaluasi terhadap pemberdayaan KUMKM, salah satunya melalui pelaksanaan bintek-bintek seperti ini, kata Darmansyah.

Diakhir sambutannya Bupati menghimbau agar pembinaan melalui kegiatan serupa agar dapat terus dilakukan secara optimal, karena hal ini akan dapat memberikan dampak positif bagi pemberdayaan KUMKM sektor wisata dan perikanan daerah pesisir yang terdapat di Kabupaten Belitung dan sangat berperan penting bagi rekonstruksi pemulihan ekonomi nasional, jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Perwakilan Dinas Perindagkop Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Budiman Ginting, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung, Ir.Hermanto, Jajaran di Lingkungan Pemerintah kabupaten Belitung, para nara sumber dari Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementrian Negara Koperasi dan UKM RI serta undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung