Senin, 26 April 2010 13:30

HARI INI HASIL UN DIUMUMKAN

Hari ini, Senin, 26 April 2010 merupakan hari penentuan bagi para siswa kelas akhir Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajatnya. Pasalnya hari ini para siswa tersebut akan menerima hasil Ujian Nasional (UN) secara serentak.

Informasi yang dipaparkan Harian Pagi Pos Belitung Edisi Minggu, 25 April 2010 menyatakan bahwa  pengumuman kelulusan siswa kelas akhir sekolah menengah sederajat diharapkan tidak ditanggapi secara berlebihan oleh siswa apapun hasilnya. Bagi siswa yang lulus, tidak perlu ada selebrasi berlebihan yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Begitu juga sebaliknya, bagi siswa yang belum lulus maka tidak perlu ada kesedihan yang berlarut-larut, karena akan ada ujian ulang yang akan dilaksanakan tanggal 10 Mei 2010 mendatang.

Tidak hanya para siswa yang bersangkutan saja yang harus mempersiapkan diri untuk menghadapi hasil ujian, namun orang tua siswa juga harus mempersiapkan diri dan menerima hasil yang diraih putra-putrinya. Diharapkan orang tua siswa dapat memotivasi anaknya yang belum lulun UN untuk mengadapi ujian susulan.

“Bagi orang tua yang putra-putrinya belum lulus, tolong dimotivasi lagi anaknya. Masih ada kesempatan untuk memperbaiki hasil pada ujian susulan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Rafeli Kepada Grup Bangka Pos hari Sabtu, 24 April 2010 lalu.

Selanjutnya, Rafeli menjelaskan untuk masalah penyampaian pengumuman kepada siswa diserahkan kepada sekolah yang bersangkutan. Beberapa cara berbeda ditempuh oleh pihak sekolah untuk menyampaikan hasil ujian, antara lain menggunakan jasa POS dan secara langsung menggunakan amplop di sekolah.

Menurut Rafeli, sekolah dituntut untuk bekerja keras untuk menyampaikan hasil serta mempersiapkan bimbingan dan pendataan bagi siswa yang belum lulus dan segera melaporkan ke Dinas Pendidikan. Minimal data siswa yang mengikuti ujian susulan harus dikirim ke Dinas Pendidikan Propinsi Babel, Rabu 29 April 2010.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum (Waka Kurikulum) SMA Negeri 1 Tanjungpandan M. Hasibuan menyatakan bahwa pihak sekolah melarang siswa untuk melakukan konvoi kendaraan bermotor dan melakukan aksi corat-coret baju seragam sekolah.

Hasibuan juga mengatakan, tidak ada persiapan khusus untuk para siswa menjelang pengumuman hasil UN. Menurutnya, semua persiapan termasuk persiapan mental anak menerima hasil UN sudah dilakukan sebelum dilaksanakannya UN.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung