Selasa, 27 April 2010 10:05

BUPATI TUTUP WORKSHOP DAN PELATIHAN PENATA TARI/MUSIK DAERAH

Tanjungpandan—”Kegiatan kesenian sangat penting untuk mendukung berkembangnya pariwisata. Tempat pariwisata populer tidak hanya memiliki aset pariwisataberupa alam namun harus didukung dengan kesenian daerah, ungkap Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein dalam sambutannya pada acara Penutupan Workshop dan Pelatihan Penata Tari dan Musik Daerah tahun 2010 yang berlangsung pada senin, 26 april 2010 di Gedung Nasional Tanjungpandan.
”Bali ataupun lombok memiliki panorama alam yang indah, kedua pulau itu juga didukung oleh tradisi tari, musik, dan adat istiadat ritual yang benar-benar alami, real dan membudaya sehingga menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan, lanjut Bupati.
Diakhir sambutannya Darmansyah berharap peserta pelatihan dapat menjadi duta kesenian daerah agar kesenian yang dimiliki daerah tidak mudah terkikis oleh daya global yang terus menghantam. Apabila kita dapat mempertahankan kebudayaan daerah maka pariwisata akan makin meningkat dan berkembang. Hal ini akan memberikan efek positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat luas, jelasnya.
Kegiatan pelatihan yang diadakan di Gedung Nasional Tanjungpandan dan di kawasan pantai Tanjung Tinggi ini telah dilaksanakan sejak tanggal 20 April 2010 dengan diikuti peserta berjumlah 100 orang yang terdiri dari 30 orang penata tari, 30 orang penata musik dan 90 orang penari dengan instruktur dari ISI Jogyakarta yakni, Sunaryo, S.Sn, M.Sn, Drs.Hendro Martono, M.Sn dan Dewan Kesenian Belitung. ”Mari kita bertanggungjawab dan mengembangkan kesenian daerah untuk kemajuan pariwisata daerah” ajak Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung, Drg.Hj.Dian Farida dalam laporannya.
Sementara Aprilina Yanti, salah satu peserta pelatihan berharap semoga ke depan, kegiatan pelatihan ini dapat terus berlanjut, karena kegiatan ini merupakan tantangan bagi para pekerja seni dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas di bidang seni, katanya.
Diakhir acara berlangsung pengumuman para pemenang sekaligus pembagian hadiah, yang mana untuk juara pertama diraih oleh group yang menampilkan cerita dengan tema Rumput Laut, disusul Cerita Putri Duyung sebagai juara kedua, Gi ke Laut juara ketiga serta Pasir dan Batu Tanjung Tinggi sebagai juara keempat.
Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Belitung, Sumardi, S.Pd, Ketua penggerak PKK Kabupaten Belitung, Ny.Ir.Hj.Titiek Yoesiati dan segenap Jajaran Pemerintah Kabupaten belitung serta segenap undangan yang hadir.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung