Kamis, 29 April 2010 09:39

SEBELAS PESAN PRESIDEN UNTUK KEPALA DAERAH SE-INDONESIA

Jakarta - Sedikitnya terdapat sebelas pesan yang disampaikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di hadapan Kepala Daerah se-Indonesia saat membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang berlangsung di Ruang Birawa, Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 28 April 2010.

Presiden mengharapkan pesan yang disampaikannya dapat menjadi dasar pembahasan rencana pembangunan, pasalnya pembangunan yang dilakukan pemerintah selalu bermuara untuk kepentingan masyarakat.
Sebagai kepala daerah, jelas Presiden, pertama harus dapat memperhatikan kebutuhan biologis rakyat seperti, pangan, sandang dan kebutuhan suami-istri atau bekeluarga.

Kedua, rakyat sangat menginginkan rasa aman, terbebas dari ancaman, kejahatan, wabah penyakit, bencana, terorisme dan konflik bersenjata.
Ketiga, rakyat juga menginginkan rasa damai dalam memeluk agama, dan dalam menjalankan ibadah. Tak hanya itu, persoalan keempat, sebagai Kepala Daerah hendaknya dapat menciptakan peluang kerja untuk rakyat. Sebab rakyat ingin bekerja dan ingin mendapatkan penghasilan," jelasnya.

Susilo Bambang Yudhoyono menambahkan, masalah kelima yakni rakyat sangat menginginkan tempat tinggal yang layak. Untuk itu, pemerintah harus memikirkan persoalan ini sehingga kebutuhan rakyat tersebut dapat terpenuhi.

Keenam, masalah pendidikan dan kesehatan juga mesti mendapat perhatian, sebab sudah seharusnya pemerintah memberikan pendidikan yang layak kepada rakyatnya.
Rakyat sangat mengharapkan mendapatkan keadilan di hadapan hukum, dan ini menjadi persoalan ketujuh. Presiden menerangkan, untuk itu hendaknya tak ada diskriminasi dalam menerapkan hukum, jangan ada perbedaan dengan melihat suku, ras, agama dan identitas lainnya.
Delapan, jelasnya, dalam hidup berdemokrasi masyarakat berkeinginkan untuk dapat bergabung dalam sebuah organisasi, dapat menyampaikan pendapat, aspirasi serta mempunyai hak untuk ikut pemilu atau pemilukada.

Berbicara mengenai lingkungan menjadi pesan Presiden kesembilan. Ia menerangkan, rakyat juga berkeinginan hidup di lingkungan yang baik, sehat, nyaman, tertib, aman, mendapatkan kemudahan dengan didukung infrastruktur yang baik. Sepuluh, sebagai pemimpin harus dapat memberikan pelayanan yang baik kepada rakyat, termasuk rakyat dengan kondisi khusus seperti penyandang cacat dan lansia.
"Terakhir atau kesebelas, rakyat juga ingin ada kemajuan dalam dirinya, sehingga memiliki harapan di masa depan. Itu semua adalah hakekat dari kesejahteraan rakyat," kata Presiden. Seperti yang dilansir dari (www.babelprov.go.id).
Sumber: www.babelprov.go.id