Kamis, 29 April 2010 09:44

PELABUHAN TANJUNGPANDAN AKAN MENJADI PELABUHAN KOTA DAN PELABUHAN WISATA

Tanjungpandan- Rencana pengembangan pelabuhan Tanjungpandan sebagai pelabuhan kota dan pelabuhan wisata adalah dalam rangka mendukung akselerasi pertumbuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Belitung dan penyangga Pelabuhan Tanjung Batu sebagai Pelabuhan Samudra.

Demikian yang dikatakan General Menejer PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjungpandan, Moh. Iqbal dalam paparannya tadi pagi pukul 09.00 WIB, Kamis, 20 April 2010 bertempat di Ruang Sidang Setda Kabupeten Belitung.

Dalam kesempatan ini, Iqbal menjelaskan Pengembangan pelabuhan Tanjungpandan sebagai pelabuhan wisata akan berperan penting dalam menunjang dan mendorong pertumbuhan sektor wisata sebagai leading sektor. Pengembangan sektor wisata ini diharapkan juga akan mendorong pertumbuhan sektor jasa dan sektor industri manufaktur yang lebih cepat.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh S.Sos menanggapi paparan dari General Menejer PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjungpandan menjelaskan memang pelabuhan merupakan salah satu sektor unggulan yang di rencanakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Belitung.

Namun, Lanjut Sahani, hal ini terkendala Pelabuhan yang terletak di pusat kota, membuat mobilitas truk pasir dan truk container memasuki jalan kota. Sehingga akan sulit untuk merealisasikannya, karena jalan kota yang sempit, dan meningkatnya kendaraan pribadi yang signifikan.

“Jika hal tersebut bisa dicari jalan keluarnya, maka Pemerintah Daerah akan siap mendukung Pengembangan Pelabuhan Tanjungpandan ini,” tambah Sahani.


Turut hadir dalam acara ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Mahadir Basti, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung, B. Maiya Hasibuan, SH, Kepala Dinas/ Bagian dari berbagai instansi di Lingkungan Kabupeten Belitung, serta undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung