Rabu, 5 Mei 2010 10:09

60 PESERTA IKUTI SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN PENGARUSUTAMAAN GENDER DI KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2010

Tanjungpandan--Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Belitung Tahun 2010 dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein di Gedung Serba Guna Setda Kabupaten Belitung, yang berlangsung pada Rabu, Tanggal 5 Mei 2010.

Dalam kesempatan ini, Ketua Pelaksana Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender, Dewi Kuraesia dalam laporannya menjelaskan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 orang terdiri dari Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKBD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Camat serta Perangkat Desa. Dewi juga menyampaikan metode yang dipakai untuk kegiatan sosialisasi yang berlangsung dari pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 17.15 WIB menggunakan metode ceramah dan diskusi.
Sementara materi yang akan disampaikan dalam kegiatan ini adalah Teori dan Konsep Gender serta kebijakan dan strategi Perencanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Belitung, ungkapnya.

Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender menghadirkan nara sumber dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Republik Indonesia dan Bappeda Kabupaten Belitung.

Perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Herman Siregar, MA dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa pihaknya menyambut gembira prakarsa Pemerintah Kabupaten Belitung dalam pertemuan ini, terkait Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender, katanya.

Menurut Herman, kegiatan ini merupakan cermin dan komitmen Pemerintah daerah Belitung dalam membangun daerah. “Kami berharap kerjasama Pemerintah Kabupaten Belitung dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia bisa lebih ditingkatkan lagi agar ke depan kegiatan ini bisa berjalan lancar,” ujar Herman.
Sementara itu Bupati Belitung dalam sambutannya menyampaikan sosialisasi yang berlangsung hari ini merupakan salah satu upaya nyata Pemerintah untuk menuntaskan beberapa permasalahan perempuan yang akan diistilahkan dalam pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional.

Selanjutnya Darmansyah Menjelaskan meninjau kondisi perempuan Indonesia saat ini, maka perlu penanganan yang serius agar setiap kebijakan tidak bias gender. “ Dengan demikian, akhirnya dapat mendorong tingginya tingkat patisipasi pembangunan perempuan disegala bidang kehidupan,” tambah Darmansyah.

Turut hadir dalam acara ini, 3 orang perwakilan dari DPRD Kabupaten Belitung, Unsur Muspida, Kepala Dinas BPDPKBD Kabupaten Belitung, Dra. Hotmaria Ida, Kepala Dinas/ Bagian dari berbagai Instansi serta undangan lainnya. 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung