Jum'at, 14 Mei 2010 10:07

GUBERNUR BABEL BUKA PEKAN WISATA NEGERI LASKAR PELANGI

Sijuk---Gubernur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir. H. Eko Maulana Ali dan Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein mendapatkan penganugrahan gelar adat kehormatan dari masyarakat Bali di Dusun Balitung, Kecamatan Sijuk. Penganugrahan dilakukan pada acara pembukaan Pekan Wisata Negeri Laskar Pelangi yang mengusung tema ‘Little Bali In Belitong’ di Purah Piseh Giri Jati Dusun Balitung, yang berlangsung pada Rabu, Tanggal 12 Mei 2010.(Seperti dikutip di harian Pagi Pos Belitung, Jum’at,14 Mei 2010)

Gelar Adi Dharma Mahayowana disematkan kepada Eko Maulana Ali, sedangkan gelar Nayaka Mahotama dianugrahkan kepada Darmansyah Husein. Adi Dharma Mahayowana memiliki makna selalu melindungi adat dari pengaruh-pengaruh luar yang bisa menghilangkan adat itu sendiri. Sedangkan Nayaka Mahotama memiliki arti mempertahankan adat itu dari dalam. Penganugrahan gelar adat ini dilakukan oleh Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Belitung, I Wayan Sudiatnya. Prosesi penganugerahan gelar adat dilakukan dengan mengenakan busana adat Bali.

Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya mengatakan akan tetap menjaga keutuhan budaya di daerah, karena itu Bupati menyatakan terima kasih atas gelar adat kehormatan yang telah di anugrahkan kepadanya. Karena maknanya seperti yang disampaikan ketua pelaksana I Wayan Suta, bahwa saya diminta untuk menjaga keutuhan budaya ini dari dalam, katanya.
Sementara itu Gubernur Babel Eko Maulana Ali mengatakan bhwa makna gelar yang diberikan kepadanya dan juga Bupati Belitung diharapkan akan terus memiliki identitas sebagai orang Belitung dan hal inilah yang saya harapkan kepada masyarakat suku Bali untuk tetap menjadi suku Balinya orang Belitung, ungkapnya.

Kegiatan Pekan Wisata Negeri Laskar Pelangi ‘Little Bali in Belitung’ akan berlangsung selama 10 hari dan akan diisi berbagai kesenian tradisional yang ada di Kabupaten Belitung termasuk kesenian Bali.

Pekan Wisata Negeri Laskar Pelangi dibuka secara resmi oleh Gubernur Babel dengan di saksikan Bupati Belitung, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Babel, Sekjen PHDI, Anggota DPRD Propinsi Babel, Anggota DPRD Kabupaten Belitung, unsur muspida, kalangan masyarakat balitung serta segenap undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung