Selasa, 18 Mei 2010 09:52

MARAS TAUN KECAMATAN BADAU

Badau—Puncak perayaan Maras Taun Kecamatan Badau yang mengusung tema “Dengan Kegiatan Adat Maras Taun, Kita Tingkatkan Rasa Kebersamaan dan Gotong Royong serta Melestarikan Adat Budaya Belitong” digelar pada Minggu, Tanggal 16 Mei 2010, Pukul 08.30 WIB.

Kedatangan Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein beserta rombongan disambut hangat Camat Badau, Drs.Suksesyadi dan istri serta segenap masyarakat setempat dengan iringin drumband diarak menuju Rumah Dukun Tue Syahminan.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan maras taun tidak sekedar semarak dengan berbagai atraksi kesenian dan budaya daerah. Lebih daripada itu, dalam penyelenggaraan maras taun terkandung nilai-nilai hidup, yaitu kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat yang saling bahu membahu dan saling membantu dalam mempersiapkan rangkaina acara, ungkapnya.

”Dalam upacara adat ini terkandung nilai budaya dan nilai ekonomi. Nilai budaya tercermin dari sejumlah pertunjukkan kesenian yang mengiringi pelaksanaan maras taun. Sedangkan nilai ekonomi tercermin dari aktivitas perdagangan komoditi lokal yang dilakoni masyarakat dalam bentuk pemeran (bazar), dan yang terpenting adalah nilai kekeluargaan, karena itulah kita bersama-sama sebagai keluarga besar masyarakat Belitong berbaur disini tanpa istilah pejabat tinggi atau pejabat rendah, ”kita sama-sama duduk ngampar (lesehan)”, lanjut Bupati.

Kegiatan maras taun dimaksudkan untuk melestarikan adat budaya yang telah ada, memupuk rasa kebersamaan dan gotong royong serta mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT, hal ini seperti diungkapkan  Ketua Panitia maras taun Dusun Badau I dan II, Sustiar dalam laporannya.

Disela-sela acara, bupati dan rombongan juga sempat meninjau penyelenggaraan pameran atau bazar yang menampilkan berbagai hasil kerajinan dan makanan khas Desa Badau serta menyaksikan penampilan kesenian tradisional Belitung, diantaranya beripat beregong, kuda lumping, ondel-ondel hingga barongsai. Acara akan berlangsung hingga Jum’at malam, Tanggal 21 Mei 2010 yang dimeriahkan pula oleh acara hiburan diantaranya, rebana, campak dangdut, stambul fajar dan sejati band.

Turut hadir dalam acara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Mahadir Basti, Perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kasat Pol PP, Azhar, S.Ip, Camat Tanjungpandan, M.Aidin Dahri serta segenap undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung