Rabu, 19 Mei 2010 08:30

KUNJUNGAN SINGKAT MENHUT DI BELITUNG

Tanjungpandan—Kedatangan Menteri Kehutanan RI, Zulkifli Hasan didampingi Dirjen Planologi dari Kementrian Kehutanan RI, Sutrisno, Gubernur Babel, Eko Maulana Ali beserta rombongan dalam kunjungan singkatnya pada Selasa, tanggal 18 Mei 2010, sekitar pukul 08.00 WIB dengan menggunakan pesawat bernomor seri PK-VVH Susi Air disambut hangat Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein, Danlanud Tanjungpandan, Letkol Pnb Fredy Harianto, Kapolres Belitung, AKBP Suharjo, Dandim 0414 Belitung, Letkol Czi M Jangkung, Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Sutadji, Wakil Ketua DPRD Belitung, Junaidi Haminte, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung, Arpani serta segenap pejabat lainnya.

”Belitung memiliki potensi alam yang luar biasa. Alam yang indah dan alami menjadi aset daerah yang bernilai ekonomi tinggi. Oleh karenanya dihimbau kepada Pemerintah daerah agar dapat memaksimalkan potensi alam tersebut untuk menunjang pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat, kata Menhut.

Gambaran secara umum kondisi hutan Babel, menurut Menhut dinilai memang memprihatinkan akibat aktivitas pertambangan timah yang tidak terkontrol. Karena itu, Pemerintah Daerah perlu memikirkan upaya sektor lain, seperti pengembangan bidang kepariwisataan. ”Belitung masih cukup baik pantainya. ”Potensi Babel dalam bidang kepariwisataan sangat besar khususnya Kabupaten Belitung dinilai memiliki potensi alam yang luar biasa”. Saya sudah sampaikan kepada Bupati Belitung untuk tidak lagi memberikan rekomendasi untuk pertambangan apalagi laut, tegas Menhut.

Sementara Bupati Belitung mendukung upaya mengembangkan potensi wisata bernuansa alam itu, karena alam Belitung sangat potensial untuk dikembangkan sebagai wisata alam. Pemerintah Daerah berupaya semaksimal mungkin mempromosikan dan mengembangkan pariwisata Belitung. ”kita semua sudah melihat semua potensi yang ada. Mari bersama kita kembangkan potensi yang ada”, ajak Darmansyah.

Sebelumnya Menteri dan rombongan sempat melakukan peninjaun udara wilayah Bangka Belitung guna melihat kondisi kawasan hutan di Provinsi Bangka belitung termasuk Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, serta upaya mengembangkan potensi yang ada.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung