Rabu, 19 Mei 2010 08:32

BUPATI BUKA KEGIATAN PADAT KARYA PRODUKTIF PENANAMAN JAGUNG DAN KACANG DI DESA REJOSARI

Membalong- Salawat dan Kesenian Tradisional Worok mengiringi kedatangan Bupati Belitung serta rombongan saat Pembukaan Kegiatan Padat Karya Produktif Penanaman Jagung dan Kacang Tanah Melalui Program Kegiatan Pengembangan Penanggulangan Kesempatan Kerja Tahun Anggaran 2010, hari ini Rabu, 19 Mei 2010 di Jalan Gunung Bluruh alamat Rejosari Kecamatan Membalong.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan lapangan kerja bagi tenaga kerja penganggur dan setengah penganggur serta membuka kesempatan kerja yang bersifat sementara serta mendorong memberdayakan masyarakat atri dan manfaat lahan tdur diolah menjadi lahan produktif.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Belitung Sumardi, S.Pd dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini didasari oleh Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI No.KEP 97/MEN – SJ/II/2010, Tanggal 2 Februari 2010, tentang Penggantian dan Pengangkatan Pejabat Pengelolaan Keuangan DIPA dan Tugas Pembantuan Departemen Tenaga Kerja Transmigrasi RI Tahun 2010.

Metode yang digunakan lanjut Sumardi yaitu melalui rekrutmen calon pekerja dan mempekerjakan tenaga yang kemudian dibagi menjadi kelompok-kelompok kerja yang mempunyai tugas masing-masing dan bertanggung jawab kepada ketua kelompok. Jumlah pekerja sebanyak 63 orang dan dibagi sebanyak 3 kelompok kerja dengan lama pekerjaan 25 hari.
“Pekerjaan dilakukan dengan system manual atau menggunakan tenaga kerja manusia secara sederhana, dibawah pengawasan petugas lapangan proyek dan lintas sector yang ditunjuk oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Belitung,” tambah Sumardi.

Sebelum memberikan sambutannya, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein memberikan peralatan tani secara simbolis berupa cangkul, parang, arit dan kapak kepada wakil dari masing-masing kelompok.

“Kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat setempat, Pemerintah hanya memberikan Fasilitas untuk melaksanakan kegiatan ini”, ujar Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein saat memberikan sambutan.

Bupati berharap lahan yang telah dibuka dikelola dan digarap dengan baik, dan apabila program ini nantinya berhasil lahan akan diperluas sehingga bisa membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. ”Jadikan pasar Membalong betul-betul hidup dan jadwalkan pasar pekan hasil bumi Kecamatan Membalong, supaya masyarakat dari daerah lain bisa menikmati hasil bumi masyarakat Membalong,” tambah Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung, Ir. Hermanto, Kepala Dinas/ Badan/ Kantor / Bagian dari berbagai instansi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Sekretaris Camat Membalong, Tokoh Masyarakat Rejosari, serta undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung