Kamis, 20 Mei 2010 09:54

KUNJUNGAN WISATAWAN KE BELITUNG TERUS MENINGKAT

Tanjungpandan--Memang tidak bisa dipungkiri, imbas positif kesuksesan film Laskar Pelangi yang mengambil lokasi di Pulau Belitung telah membawa angin segar bagi pengembangan dunia pariwisata Belitung, hal ini yang menyebabkan kunjungan wisatawan ke Belitung terus mengalami peningkatan. Namun hal itu bukanlah satu-satunya alasan kunjungan mereka, para wisatawan yang datang ke Belitung justru karena merasa menemukan sesuatu yang berbeda, yang tidak ada di tempat lain, salah satunya menyangkut keunikan panorama alam yang tersaji.

Angka kunjungan wisatawan, baik wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnu) di Kabupaten Belitung Tahun 2010 ini terus mengalami peningkatan. Bahkan mengalami peningkatan yang cukup besar yakni sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan kunjungan wisman dan wisnu pada awal tahun 2009.
Dari data yang tercatatat pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung disebutkan bahwa sepanjang Januari 2010 terdapat 4.767 wisatawan yang datang ke Kabupaten Belitung, yang mana terdiri terdiri dari 82 orang wisman dan 4.685 orang wisnu. Padahal Januari 2009 lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Belitung sebanyak 2.654 orang, terdiri dari 2.407 wisnu dan 247 orang wisman.

Sementara pada Februari 2010, wisatawan yang berkunjung ke Belitung berjumlah 4.506 orang. Jumlah ini sedikit mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan Januari 2010. Jumlah tersebut terdiri dari 106 wisman dan 4.294 wisnu. Sedangkan pada bulan Februari tahun 2009 lalu, Kabupaten Belitung dikunjungi oleh 2.552 orang wisawatan (2.308 wisnu dan 244 wisman).
Pada bulan Maret 2010, data dari Disbudpar Kabupaten Belitung menyebutkan terdapat sebanyak 4.766 orang wisatawan datang ke Kabupaten Belitung yang mana terdiri dari 197 orang wisman dan 4.569 orang wisnu. Sedangkan pada Maret 2009 lalu, terdapat 3.279 orang wisatawan mengunjungi Belitung yang terdiri dari 3.018 wisnu dan 261 orang wisman.

Kepala Dinbudpar Kabupaten Belitung Hj.drg Dian Farida melalui Kasi Promosi Rohili mengatakan, angka kunjungan wisawatan ke Kabupaten Belitung mengalami peningkatan tajam. Peningkatan tersebut antara lain terlihat dari para wisatawan yang berkunjung maupun permintaan-permintaan untuk kunjungan ke Kabupaten Belitung. Informasi soal kunjungan wisatawan juga diperolehnya dari sejumlah pengusaha tour and travel, ungkapnya.

Permintaan memang cukup tinggi, terkadang membuat calon wisatawan ada masuk daftar tunggu (waiting list). Hal ini bukan tanpa alasan, karena untuk bisa mendatangkan wisawatan dalam jumlah banyak sekaligus, perlu juga memperhatikan sarana dan prasarana yang tersedia. Oleh sebab itulah terkadang ada jadwal kunjungan yang terpaksa harus masuk dalam daftar tunggu. "Misalnya, rombongan A ingin berkunjung pada tanggal tertentu. Tapi saat dikonfirmasi ke hotel, ternyata pada jadwal yang dikehendaki hunian hotel telah penuh," jelas Rohili dalam wawancaranya kepada Grup Bangka Pos, Rabu (19/5) kemarin seperti yang dilansir dari BangkaPos.com.

Selanjutnya Rohili mengatakan, rencana pembangunan dua hotel di Tanjungpandan yang akan beroperasi pada tahun ini, tentunya dapat memberikan dampak positif pada kemajuan pariwisata Belitung. Paling tidak dapat menambah jumlah penyediaan akomodasi kamar hotel bagi para tamu, katanya.***(dk)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung