Rabu, 26 Mei 2010 00:56

PEKAN INFORMASI NASIONAL (PIN) TAHUN 2010 DIGELAR DI PEKANBARU-RIAU

Pekanbaru—Kementrian Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar Pekan Informasi Nasional 2010 yang diselenggarakan mulai tanggal 22-27 Mei 2010 di Pekanbaru-Riau yang mengusung tema ”Dengan semangat kebangkitan nasional, kita tingkatkan ketahanan masyarakat dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan, pemanfaatan, dan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi sosial bagi seluruh masyarakat, terutama masyarakat pedesaan. Mengingat pentingnya peran teknologi informasi dan komunikasi, tentunya patut disayangkan apabila teknologi informasi dan komunikasi belum diketahui atau belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan.

Pekan Informasi Nasional 2010 yang pelaksanaanya dikaitkan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-102 bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan integrasi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di bidang informasi dan komunikasi, meningkatkan pola pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di bidang informasi dan komunikasi, serta meningkatkan peranan kelompok-kelompok masyarakat yang bergerak di bidang informasi dan komunikasi sebagai wahana partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan.

Rangkaian kegiatan PIN mencakup kegiatan  pameran produk informasi dan komunikasi, aksi simpatik dengan tema ”anti narkoba dan NCB”, pagelaran media pertunjukkan rakyat, sarahsehan media pertunjukkan rakyat, sarasehan kelompok informasi masyarakat tingakt nasional, forum peningkatan peran radio komunitas dan lokal dalam disementasi informasi publik, dialog interaktif melalui media elektronik, festival media pertunjukkan rakyat tingkat nasional, temu wicara KIM dan media pertunjukkan rakyat serta forum bakohumas tingkat regioanl wilayah barat.

PIN diikuti para peserta sebanyak 750 orang dari seluruh Indonesia yang terdiri dari unsur Dinas/Instansi/Badan/ Kominfo/Humas Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten/Kota, FK Mentra Pusat dan Provinsi, LSM bidang informasi, para seniman dan kelompok pertunjukkan rakyat.

Melalui PIN diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi sekaligus penerapannya guna meningkatkan kualitas hidup Bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat pedesaan pada khususnya.
Rencananya Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Tifatul Sembiring akan meresmikan Pekan Informasi Nasional (PIN) Tahun 2010 dan Puncak Acara Harkitnas pada Selasa, Tanggal 25 Mei 2010 di halaman Gedung MTQ Riau atau Bandar Seni Raja Ali Haji, Pekanbaru, Riau.

Hal ini dikemukakan Sekjen Kemenkominfo Basuki Yusuf Iskandar ketika meninjau persiapan pembukaan PIN di Stand Pameran Badan Informasi Publik (BIP) di halaman Gedung MTQ Pekanbaru, pada Senin, Tanggal 24 Mei 2010 didampingi Kabiro Umum Kemenkominfo Sunaryo dan Kabag Umum BIP Agus Suharyadi seperti yang disampaikan pada siaran pers kominfo yang dilansir pada www.depkominfo.go.id.

Menurut Basuki, setelah meresmikan Pekan Informasi Nasional (PIN) 2010 yang telah dimulai sejak 22 Mei dan akan berlangsung hingga 27 Mei 2010,  pada hari Rabu, Tanggal 26 Mei 2010 Menkominfo akan meresmikan 70 Desa Informasi di Ibu Kota Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau. Ibu Kota Kecamatan Rupat Utara itu menjadi salah satu dari 70 desa yang ditetapkan sebagai Desa Informasi. Ke-70 desa ini merupakan bagian dari 1.600 desa di seluruh Indonesia yang telah ditetapkan Kementerian Kominfo sebagai Desa Informasi berdasarkan penilaian terhadap perkembangan teknologi di desa tersebut.
Selanjutnya pada tanggal 26 Mei 2010, Menkominfo juga akan meresmikan pelayanan informasi untuk masyarakat lainnya, yaitu United Thank Offering (UTO) kemudian IT Training Solutions, radio komunitas, dan juga perangko PIN 2010.

Menurut Sekjen KemenKominfo dijelaskan pula bahwa sejauh ini persiapan untuk peresmian PIN 2010 oleh Menkominfo sudah siap, termasuk persiapan seminar dan pameran yang akan menggambarkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi(TIK). “Kami sudah mengundang seluruh industri operator telekomunikasi untuk mengikuti pameran itu, dan saya optimistis seluruh operator besar akan mengikuti PIN 2010 di Pekanbaru”, katanya.
Ia menjelaskan bahwa PIN 2010 sangat berbeda dengan pameran-pameran serupa yang telah dilaksanakan, karena sebelumnya hanya bersifat penerangan atau informasi biasa, sedangkan saat ini lebih mengedepankan konteks komunikasi dan informatika, lanjutnya.

Melalui penyelenggaraan PIN 2010, Basuki berharap agar semua pihak semakin menyadari arti pentingnya informasi di era informasi dan keterbukaan saat ini serta terbentuknya kelembagaan komunikasi dan informasi di daerah secara proporsional, termasuk harus legal secara hukum dan terkait UU Keterbukaan Informasi Publik yang menitikberatkan pelayanan terhadap masyarakat, katanya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung