Rabu, 26 Mei 2010 00:57

BAKOHUMAS GELAR FORUM EDUKASI DAN SIMULASI

Pekanbaru—Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Indonesia menggelar forum edukasi dan simulasi di Wilayah Regional Barat dengan tema ”Peningkatan SDM Humas Pemerintah di Era Keterbukaan Publik” bertempat di Hotel Pangeran, Pekanbaru-Riau. Pembukaan forum ini sekaligus bersamaan dengan pembukaan Seminar Hari Kebangkitan Nasional yang merupakan rangkaian kegiatan Pekan Informasi Nasional yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Penyelenggaraan forum edukasi dan simulasi Bakohumas 2010 berlangsung selama dua hari yakni pada senin-selasa, Tanggal 24 s.d 25 Mei 2010 yang dimaksudkan untuk mempersiapkan SDM Humas pemerintah yang handal dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat, baik di pusat maupun di daerah. Sekaligus bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan SDM humas pemerintah dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

Adapun outcome kegiatan yang diikuti oleh para Pejabat Humas Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Wilayah Indonesia Barat ini adalah meningkatnya profesionalisme dan kinerja humas pemerintah baik di pusat maupun di daerah. Selain itu kegiatan ini diikuti pula oleh Anggota Bakohumas Pusat, Pengurus Bakohumas Pusat, Pejabat Kementrian Komunikasi dan Informatika, Pejabat Kementrian Negara PAN dan Reformasi Birokrasi, serta Pejabat Kementrian Dalam Negeri.

Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Riau Mohammad Rusli Zaenal yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Sosial dan SDM Drs.H.Zailani Arif Syah pada Tanggal 24 Mei 2010 sekitar pukul 10.00 WIB bertempat di Aula Pertemuan Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau.

Dalam sambutan Gubernur Riau yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Sosial dan SDM Mohammad Rusli Zaenal dikatakan bahwa dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, pemerintah sebagai badan publik diharapkan dapat memberikan akses informasi yang mudah kepada publik. ”Oleh karena itu, peran aparatur humas pemerintah sebagai leading sector dalam membangun image positif  pemerintah merupakan peranan penting yang semestinya dilaksanakan secara profesional”, tegasnya.

Selanjutnya Gubernur berharap berbagai institusi humas pemerintah untuk segera melakukan perbaikan sarana kerja dan peningkatan pengetahuan, wawasan aparatur humas, sehingga dapat dihasilkan sumberdaya aparatur humas yang berkualitas.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Bakohumas, Drs.Subagio, MS dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan Bakohumas ini diikuti sebanyak 450 peserta terdiri dari 300 orang berasal dari Humas seluruh Wilayah Indonesia Barat dan 150 peserta seminar Harkitnas. Adapun nara sumber yang hadir memberikan materi, diantaranya Kadiv Humas Polri Edward Aritonang, Dosen Universitas London School of  PR DR.Ermil Tabrani, Komisi Informasi Usman Abdhali, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, Gatot Dewa Broto dan Ira Koesno.

Selama pelaksanaan kegiatan ini berlangsung peserta terlihat sangat antusias mengikuti seluruh materi yang disampaikan oleh para narasumber dan pada setiap materi yang disampaikan selalu diselingi dengan sesi tanya jawab. Forum Bakohumas ini di tutup secara resmi oleh Ketua Panitia Pelaksana Bakohumas Drs.Subagio, MS pada Selasa, Tanggal 25 Mei 2010 sekitar pukul 15.30 WIB. Diakhir sambutannya Subagio mengatakan bahwa untuk selanjutnya kegiatan Bakohumas akan diselenggarakan kembali pada bulan Juli mendatang di Nusa Tenggara Barat. Untuk itu dimintakan agar peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dapat kembali hadir pada forum yang sama Juli mendatang. (dari Pekanbaru-Riau, Reporter Humas Zakina dan Fradika Karila melaporkan)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung