Rabu, 26 Mei 2010 09:39

HIDUP SEHAT DENGAN TIDAK MEMBUANG AIR BESAR SEMBARANGAN

“Satu langkah penting untuk mencegah terjadinya penyakit dan menjaga masyarakat tetap sehat telah kita lakukan dengan sangat arif dan bijaksana, sederhana namun tepat sasaran”. Begitulah salah satu kalimat yang diucapkan Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein saar mengadiri Deklarasi Open Defecation Free (ODF) 100% Warga Desa Suak Gual dan Warga Selat Nasik Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) hari ini Rabu, 26 Mei 2010 di Desa Gual Kecamatan Selat Nasik.

Bupati Belitung Juga menjelaskan kesehatan merupakan anugrah sekaligus ikhtiar yang harus dilakukan untuk menempatkannya seperti sediakala melalui pola perilaku hidup sehat, makan makanan yang memenuhi angka kecukupan gizi serta keseimbangan menjaga ekosistem alam dengan tidak melakukan pengrusakan lingkungan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, dr. Wiryati Husin menyampaikan target untuk desa ODF sebanyak 6 Desa. Untuk di Gual dan Petaling baru terdapat 1 pilar dari 5 pilar ODF yaitu tidak buang air besar sembarangan.

Wiryati mengharapkan adanya pemantapan perilaku hidup sehat dan diharapkan di tahun yang akan datang akan Kawasan ODF akan berada ditingkat kecamatan.

Pada kesempatan ini, Kades Petaling dan Kades Gual membacakan Deklarasi 100% Bebas Buang Air Besar Sembarangan dihadapan seluruh undangan yang hadir.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kepulauan Babel, dr. Hendra Kusuma, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Andi Saparudin Lanna, SH, Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos, Unsur Muspida, Para Kepala Dinas/ Badan/ Kantor/ bagian dari berbagai instansi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung serta undangan lainnya.****Ie
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung