Senin, 31 Mei 2010 10:04

MTQ TINGKAT NASIONAL KE-23 BAKAL DIGELAR DI BENGKULU

Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional bakal digelar di Provinsi Bengkulu pada bulan Juni 2010 mendatang. Penetapan Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional ke-23 Tahun 2010 didasarkan pada Keputusan Menteri Agama Nomor 70 Tahun 2008.

Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional merupakan kegiatan keagamaan yang populer di kalangan umat islam di tanah air. Sebagai arena kegiatan spiritual yang menjunjung tinggi persaudaraan, MTQ mampu menjadi perekat bagi terciptanya pola keberagaaman yang kondusif dalam rangka mewujudkan persatuan bangsa.

Kegiatan MTQN ditujukan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan tentang kandungan Al-Qur’an. Bagi generasi muda, MTQN merupakan sarana untuk meningkatkan kebersamaan dan kejujuran. Generasi muda yang mampu bertindak Qurani akan mampu menghadapi tantangan dan berakhlak mulia guna melanjutkan pembangunan bagi kesejahteraan bangsa. Melalui kegiatan ini diharapkan akan terwujud generasi muda yang lebih baik, maju dan berkembang di masa yang akan datang.

Pelaksanaan MTQ rencananya akan diselenggarakan selama 10 hari yakni, mulai Tanggal 2 Juni 2010 hingga Tanggal 12 Juni 2010 dan akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada Tanggal 5 Juni 2010.
Dalam MTQN Ke-23 ini, tidak hanya lagu yang dilombakan, tetapi juga lomba cerdas cermat, pidato, dan kaligrafi Al Quran.

Sejak pertama kali dilaksanakan pada 1968, MTQ memberi nuansa khas budaya keberagaman ala Indonesia. MTQ memiliki dua aspek, yakni aktivitas spiritual yang mengandung nilai-nilai pluralitas dan sebagai cermin kerukunan umat beragama di Indonesia, karena kerukunan umat beragama merupakan bagian dari kerukunan nasional yang harus senantiasa kita jaga dan pelihara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang- Undang Dasar 1945.
Sumber: Kementrian Komunikasi dan Informatika RI