Senin, 31 Mei 2010 10:07

FRAKSI SETUJUI RAPERDA TENTANG LKPJ TAHUN 2009 DAN LAPORAN APBD KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Belitung ke IX Masa Persidangan II Tahun Sidang 2010 dengan agenda “Pendapat Akhir Fraksi Terhadap Raperda Kabupaten Belitung tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2009” digelar hari ini, Senin, 31 Mei 2010 bertempat di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Belitung. Rapat ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Andi Saparuddin Lanna, SH.

Pada kesempatan ini Fraksi-Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belitung memberikan Kata Akhir terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Belitung Tahun 2009 dan Laporan APBD Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2009. 

Fraksi-Fraksi tersebut antara lain Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang diwakili oleh Endi Juanto, Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB) yang diwakili oleh Indrianto, A.Md, Fraksi Golongan Karya yang diwakili oleh Hasbi, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang diwakili oleh Marjaya Rachmad, Fraksi Partai Amanat Demokrat yang diwakili oleh Basri Ibrahim serta Fraksi Bangsa yang diwakili oleh Deby Virga Sari, SE,MS.

Dalam penyampaian kata akhirnya, secara umum semua Fraksi menyetujui dan menerima Raperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Bupati Belitung dan Laporan Pelaksanaan APBD Kabupaten Belitung Tahun 2009 untuk disahkan menjadi Perda dengan beberapa masukan dan saran-saran yang dapat dikaji dan menjadi arahan lebih lanjut, diantaranya seperti yang disampaikan Fraksi Golongan Karya yang diwakili oleh Hasbi yang menyarankan agar Pemerintah mengirim Perwakilan Satuan Pamong Praja (Satpol PP) yang telah menjadi PNS untuk mengikuti Diklat PPNS guna menunjang keefektifan kerja Satpol PP.

Selanjutnya untuk dibidang kesehatan, Hasbi menyarankan agar Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Belitung bisa melayani masyarakat secara optimal dan menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah menjadi Badan Layanan Umum Daerah.

Hal yang sama juga disampaikan pula oleh Deby Virga Sari, mewakili Fraksi Bangsa yang menyampaikan agar Jaminan Kesehatan Belitung (JKB) dan intensitas labor dapat lebih dioptimalkan dan perlu ditingkatkan lagi.

Sementara itu Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya menyampaikan bahwa kritik, saran, masukan dan teguran yang disampaikan oleh perwakilan Anggota DPRD Kabupaten Belitung, baik melalui Pandangan Umum Anggota Dewan, Kata Akhir Fraksi, maupun catatan strategis pada Rapat Paripurna Istimewa merupakan wujud tanggung jawab konstitusional yang dilandasi niat baik dan semangat kebersamaan untuk mendorong peningkatan kinerja eksekutif di seluruh sektor dan bidang pembangunan daerah.

Selanjutnya Bupati menyampaikan agar niat dan kebersamaan ini terus ditingkatkan, sehingga tugas dan tanggung jawab membangun daerah ini kedepan dapat dilaksanakan dengan kompak, bersatu, dan bahu membahu, tegasnya.

Turut hadir dalam Rapat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Mahadir Basti dan Junaidi Haminte, S.Ip, Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos, para Muspida, Sekda Kabupaten Belitung, Ir.H.Mulgani, Para Asisten/Staf Ahli Setda Kabupaten Belitung, Kepala Dinas/Badan/Kantor/Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, para Camat, perwakilan organisasi pemuda, insan pers serta segenap undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung