Selasa, 1 Juni 2010 10:18

MTQ KE-IV TINGKAT PROVINSI, BELITUNG RAIH JUARA KETIGA

Sungailiat—Malam penutupan puncak pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IV Tingkat Provinsi berlangsung pada Jum’at, Tanggal 28 Mei 2010 di panggung utama Masjid Agung, Sungailiat. Pengumuman pemenang disampaikan Ketua Dewan Hakim Herman Faizuddin yang menyebutkan bahwa Kabupaten Bangka berhasil meriah juara umum dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Bangka Belitung tahun ini.

Untuk peringkat kedua diraih Kabupaten Bangka Tengah, disusul Kabupaten Belitung yang berhasil meraih juara ketiga, disusul Kabupaten Bangka Barat pada peringkat keempat, Belitung Timur diposisi kelima, dan Kabupaten Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang pada peringkat keenam dan ketujuh, seperti yang dilansir dari Harian Metro Babel, edisi Senin, Tanggal 31 Mei 2010.

Dalam sambutan Gubernur Babel, Eko Maulana ali yang disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Imam Mardi Nugroho mengungkapkan, dengan berakhirnya kegiatan MTQ Tingkat Provinsi bukanlah akhir dari perjuangan, sebab para peserta terbaik yang telah ditunjuk oleh dewan hakim akan kembali berjuang membawa nama Provinsi Bangka Belitung ke ajang MTQ tingkat Nasional pada tanggal 5 Juli 2010 mendatang di Bengkulu.

Momentum MTQ ini merupakan upaya dalam menguji kemampuan para qori dan qoriah asli putra dan putri daerah Bangka Belitung untuk turut mengharumkan nama daerah ke tingkat nasional nantinya. Oleh karenanya, kita mengharapkan para peserta terbaik yang berhasil meraih prestasi dalam ajang ini haruslah kembali mempersiapkan diri untuk berkompetisi kembali di ajang MTQ tingkat Nasional”, ungkap Imam.

Sementara menurut laporan dari Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Belitung, adapun kafilah Kabupaten Belitung yang berhasil meraih juara dalam pelaksanaan MTQ ke-IV Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah berlangsung sejak Tanggal 23 s.d 28 Mei 2010 berjumlah 41 orang, yang ikut berlomba sebanyak 25 orang dengan perolehan juara sebagai berikut;
1. Juara I Tartil Putri diraih oleh Zahra Anjani
2. Juara I Tahfidz Al Quran 1 Juz Putri diraih oleh Siti Humaeroh
3. Juara I Tahfidz Al Quran 20 Juz Putra diraih oleh Khaitul Anam
4. Juara II Tilawatil Dewasa Putra diraih oleh Ahmad Dailami
5. Juara II Tilawatil Dewasa Putri diraih oleh Mahbubiyah Ulfah
6. Juara II Qiro’at Sab’ah Putra diraih oleh H Yusri Yus’adu
7. Juara III Tahfidz Al Qur’an 5 Juz Putra diraih oleh Usep Saefullah
8. Juara III Tartil Putra diraih oleh M Azmi
9. Juara III Tilawah Anak-anak Putri diraih oleh Nurbaiti
10. Juara III Tahfidz Qur’an 1 Juz Putra diraih oleh Rizky Yuliandi
11. Juara III Beregu Syarhil Qur’an
12. Juara III Beregu Fahmil Qur,an

Selanjutnya untuk juara I akan diikutsertakan kembali pada pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional di Provinsi Bengkulu mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjumlah 4 orang yakni 3 orang dari cabang Tilawah dan 1 orang Cabang Syarhil Qur’an hasil seleksi Tim Provinsi atasa nama Lisa Lestari.

Selanjutnya pada pelaksanaan MTQ Ke V Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2012 Kabupaten Belitung ditunjuk sebagai tuang rumah. Hal ini berdasarkan keputusan Rapat Lembaga Pemgembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ).***(dk)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung