Selasa, 1 Juni 2010 10:19

BELUM DISENSUS LAPOR RT

TANJUNGPANDAN—Sebulan sudah sensus penduduk dilaksanakan. Demi data yang akurat, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung mengimbau kepada warga yang belum disensus untuk segera melapor kepada Ketua RT atau Kepala lingkungan setempat. Petugas sensus penduduk 2010 (SP2010) akan melakukan “jemput bola” ke tempat tinggal warga yang belum disensus.

Berdasarkan informasi yang dipaparkan Harian Pagi Pos Belitung edisi Selasa, 1 Juni 2010, Kepala BPS Kabupaten Belitung Ahmad Thamrin mengatakan, warga yang belum melapor mengisi “Formulir Uji Publik: Pengaduan Masyarakat yang Belum di Sensus”. Formulir ini berisi nama kepala rumah tangga serta jumlah anggota keluarga yang belum disensus, lengkap dengan nama dan jenis kelamin.

Masa pelaporan di Ketua RT atau Kepala lingkungan sampai dengan tanggal 15 Juni 2010. Thamrin menjelaskan, daftar SP 2010-UP (Uji Publik) ini memang digunakan untuk menampung pengaduan masyarakat yang belum didata oleh petugas sensus dimanapun.

Penduduk yang mengisi formulir uji publik ini adalah mereka yang pada Tanggal 1 Mei 2010 hingga saat melapor benar-benar bertempat tinggal di lingkungan RT/ Dukuh/ Lorong atau Satuan Lingkungan Setempat (SLS) tanpa mempersoalkan memiliki KK/ KTP setempat ataupun tidak.
Daftar SP2010-UP diisi dan ditandatangani oleh pelapor, serta disahkan oleh Ketua RT maupun Kepala lingkungan setempat, yang kemudian daftar ini diserahkan Ketua RT atau Kepala Lingkungan setempat ke Desa/ Kelurahan untuk dikumpulkan oleh Koordinator Statistik Kecamatan (KSK).

Dengan demikian diharapkan SP2010 mencapai 100 persen. Artinya tidak ada satupun penduduk yang terlewatkan oleh petugas sensus. Ini penting mengingat data sementara SP2010 akan dibacakan Presiden RI dalam pidato kenegaraan Tanggal 16 Agustus mendatang. **ie
Sumber: Pos Belitung