Jum'at, 4 Juni 2010 08:14

KANTOR DIKLAT GELAR BINTEK OPEN SOURCE SOFTWARE

Tanjungpandan—Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Open Source Software yang diselenggarakan selama dua hari yakni pada Rabu dan Kamis, Tanggal 2 s.d 3 Juni 2010 bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab. Belitung.

Dalam sambutan Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein yang pada kesempatan ini diwakili Asisten III Bidang Administrasi Drs.H. Jasagung Hariyadi, M.Si saat membuka kegiatan Bintek secara resmi pada Rabu, Tanggal 2 Juni 2010 mengharapkan agar Bintek ini dapat diikuti secara seksama hingga  dapat diaplikasikan dalam melakukan tugas di unit SKPD masing-masing. Mengingat Open Source Software merupakan suatu lompatan berarti dalam upaya percepatan pembangunan di segala sektor kehidupan dan penunjang utama dalam upaya peningkatan SDM birokrat serta bagian dari kemajuan teknologi yang perlu kita ketahui dan aplikasikan bersama sebagai sesuatu yang positif, jelasnya.

Sementara Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Belitung Susilawati, SE dalam laporannya mengatakan, bintek ini ditujukan untuk mendorong terciptanya kesadaran akan pentingnya penggunaan perangkat lunak legal di lingkungan kerja serta mendorong penggunaan perangkat lunak legal dengan mempergunakan Free Open Source Software (FOSS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Kegiatan ini diikuti para pejabat/staf SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung sebanyak 62 orang. Adapun metode pembelajaran ditempuh melalui kegiatan ceramah, diskusi/tanya jawab serta praktek dan simulasi dengan nara sumber dari
Kementrian Riset dan Teknologi dan praktisi pengguna Open Source Software.
 
Penggunaan dan pemanfaatan perangkat lunak berbasis open source diharapkan diimplementasikan oleh institusi pemerintah sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor:05/SE/M.KOMINFO/10/2005 tentang Pemakaian dan Pemanfaatan Penggunaan Piranti Lunak Legal di Lingkungan Instansi Pemerintah dan Surat Edaran menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor:SE/01/M.PAN/3/2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software dan diharapkan paling lambat tanggal 31 Desember 2011 seluruh instansi pemerintah sudah menerapkan penggunaan perangkat lunak legal.

Turut hadir dalam acara pembukaan bintek, Kepala Dinas/Badan/ Kantor/Bagian dari berbagai instansi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung serta undangan lainnya.



Sumber: Humas Setda Kab. Belitung