Jum'at, 4 Juni 2010 08:17

KPPU Batam akan Sosialisasikan UU 5/1999

Tanjungpandan — Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KKPU) Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Batam, akan melaksanakan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat di Belitung.

Sosialisasi direncanakan akan dilaksanakan pada akhir Juni 2010, melibatkan 60 sampai 80 orang peserta dari Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Selain pelaku usaha dan pejabat dinas/instansi di kedua kabupaten ini, peserta sosialisasi juga diharapkan dari kalangan akademisi perguruan tinggi yang ada di Belitung.

Kepada pers di Bagian Humas Setda Kabupaten Belitung, Kamis (4/6), staf  KPPU KPD Batam M Zulfirmansyah mengatakan, sosialisasi ini merupakan agenda rutin untuk memberikan pemahaman yang benar dan akurat tentang regulasi larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat di wilayah kerja KPD Batam, yakni Propinsi Riau, Propinsi Kepulauan Riau, Propinsi Jambi, dan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebelumnya, tahun 2007, sosialisasi serupa telah dilaksanakan di Bangka.

Menurut M Zulfirmansyah, yang hadir di Bagian Humas Setda Kabupaten Belitung bersama rekannya staf KPPU KPD Batam Mochamad Isnaeni, sosialisasi undang-undang ini perlu segera  dilaksanakan di Belitung mengingat perkembangan perekonomian yang semakin pesat di daerah ini. Sesuai dengan kewenangannya, KPPU tidak ingin terjadi praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Sejak berdiri pada Desember 2006, jelas Zulfirmansyah, KPD Batam sudah menerima 86 laporan praktek monopoli dan persainagan usaha tidak sehat, 11 diantaranya masuk pada tahun ini. Dari 86 laporan tersebut, 19 perkara sudah diputus dan sedang dalam proses kasasi di Mahkamah Agung (MA).  “Dengan sosialisasi nanti, kita harapkan jangan ada kasus monopoli dan praktek usaha tidak sehat di Belitung,” ujar Zulfirmansyah.

Hadir bersama wartawan, Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung diwakili Kasubbag Pers dan Peliputan Zakina, M.Si. (syf)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung