Kamis, 10 Juni 2010 09:29

TANJUNGPANDAN BELUM BERHASIL RAIH ADIPURA

Tanjungpandan– Kota Pangkalpinang kembali menerima penghargaan bidang lingkungan untuk yang ketiga kalinya. Selain Pangkalpinang, dua kota lainnya di Bangka Belitung yang menerima Adipura yakni, Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka dan Muntok di Bangka Barat.

Sementara Kabupaten Belitung di Tahun 2010 ini masih belum berhasil memboyong piala Adipura, sejak kemenangan yang diraih pada tahun 2004-2005 dan 2006-2007 lalu. Hal ini seperti yang disampaikan pula oleh Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein saat memberikan arahannya pada acara penilaian lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang digelar pada Selasa, Tanggal 8 Juni 2010 di Kelurahan Parit, Tanjungpandan.

“Belum berhasilnya kota Tanjungpandan dalam Adipura berarti  Kepala daerah tidak bisa datang ke Istana Negara di Jakarta untuk menerima Adipura. Padahal sebelumnya saya sudah membuat kesepakatan dengan wakil Bupati, Sahani Saleh, S.Sos bahwa jika tahun ini Kota Tanjungpandan meraih Adipura maka Wabup yang akan menerima penghargaan tersebut ke Istana Negara”, kata Darmansyah.

Selanjutnya Bupati juga mengharapkan ke depan jika kita berhasil meraih Adipura, saya ingin piala Adipura yang kita raih agar dapat menjadi milik masyarakat Belitung. Karena pemerintahan yang baik haruslah berlandaskan pada kekuatan masyarakat. Meskipun  pada kenyataanya, membangun inisiatif yang kuat dalam masyarakat bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu saya berharap Adipura yang akan diraih haruslah sejalan bersinerji dengan program desa yang sesungguhnya, tegasnya.

Sementara Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Belitung Syariffudin, SH mengatakan bahwa kegagalan Kota Tanjungpandan meraih adipura menyangkut kurangnya nilai yang diperoleh dalam beberapa komponen diantaranya pertokoan, pasar, tempat pembuangan sampah akhir (TPA), pemukiman, serta jalan. Sementara untuk sekolah dan kantor nilainya cukup bagus, bahkan mengalami kenaikan, seperti yang dipaparkan pada Harian Pos Belitung, Rabu (9/6).

Pada penilaian pertama seperti ditambahkan Syariffudin, Kota Tanjungpandan mendapatkan nilai 70,45 sedangkan pada penilaian tahap kedua, nilai mengalami peningkatan menjadi 72,11 dan pada tahap verifikasi diperkirakan nilai tak mencapai grade yang harus dipenuhi, yakni 73.***(dk
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung