Jum'at, 11 Juni 2010 09:50

BUPATI BELITUNG RESMIKAN PEKAN WISATA KECAMATAN SIJUK

Sijuk—Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein membuka secara resmi Pekan Wisata Kecamatan sijuk pada Kamis, Tanggal 10 Juni 2010 di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk. Acara ini akan berlangsung hingga Rabu, Tanggal 16 Juni 2010.

Pembukaan Pekan Wisata Kecamatan Sijuk yang dilangsungkan bersamaan dengan penyerahan peserta Bhakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) ini bertujuan untuk mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Belitung sekaligus kegiatan Sail Indonesia yang akan berlangsung oktober mendatang, kata Camat Sijuk Anas Nasito dalam laporannya.

Sementara Bupati dalam sambutannya menyambut baik penyelenggaraan pekan wisata ini. Kegiatan ini memiliki dampak positif untuk dunia pariwisata Kabupaten Belitung serta untuk menggalakkan wisata dan menyukseskan Visit Babel Archipelago 2010.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati berbicara mengenai potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Belitung bukanlah sesuatu yang mesti diada-adakan karena panorama alam yang eksotik merupakan mahakarya yang tidak ternilai harganya. Kondisi obyek wisata di Kabupaten Belitung sebenarnya masih terjaga, hanya saja vandalisme masih tetap terjadi.
”Oleh karena itu, khusus kepada pemuda saya minta coretannya dihapus ya, jangan corat coret di batu. Kalau mau bikin kenangan, buat di buku harian dan disimpan. Kalau sudah sukses bisa dibuka dan ditulis, siapa tau bisa jadi seperti novel Laskar Pelangi”, kata Darmansyah.

Kepada para peserta BPAP Bupati juga berharap agar bisa berinteraksi dengan masyarakat Desa Tanjung Binga dan Desa Keciput. Diakhir sambutannya Bupati mengajak masyarakat untuk peduli pada perkembangan pariwisata Belitung. Jika masyarakat melihat ada orang yang merusak objek wisata diharapkan untuk segera melaporkannya kepada pihak terkait.

Usai pembukaan, Bupati dan rombongan melakukan peninjauan stand-stand pameran. ”Bagus ini, saya juga kaget tadi. Terutama koleksinya banyak. Ini bisa kita jadikan pelajaran ke depan bahwa kita mampu menyiapkan hal-hal seperti ini”, jelasnya.

Sebelumnya, disela-sela acara pembukaan Pekan Wisata berlangsung pula penyerahan dokumen peserta BPAP yang diberikan kepada Kepala Desa Keciput Sukardi dan Kepala Desa Tanjung Binga Sahroni didampingi perwakilan orang tua asuh untuk masing-masing peserta.

Dalam sambutan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang dibacakan Asisten II Setda Provinsi Babel Samsuni Saleh berharap kegiatan BPAP tidak hanya menjadi perekat keanekaragaman anak bangsa, tetapi dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan pemuda menuju kemandirian. ”Saya berharap para pemuda dapat mengembangkan diri melalui interaksi budaya di masyarakat, ”kata Samsuni.

Adapaun salah satu tujuan pelaksanaan BPAP adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran dan cinta tanah air serta memahami keanekaragaman budaya. Program ini diikuti 24 pemuda-pemudi yang terdiri dari 8 peserta yang berasal dari Kalimatan Barat, 8 peserta dari DKI Jakarta, 8 peserta dari Sumatera Barat ditambah para pendamping dari Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI). Mereka akan tinggal bersama penduduk Belitung mulai 10 Juni s.d 21 Juli, ungkap Kepala dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Babel Mahwan Muchtar dalam laporannya.

Pekan Wisata Kecamatan Sijuk ini turut dimeriahkan kegiatan pameran yang menampilkan berbagai potensi dan hasil industri rumah tangga yang berasal dari desa-desa di Kecamatan sijuk, dan akan dimeriahkan pula dengan kegiatan gerak jalan wisata dan lomba mancing.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung