Selasa, 15 Juni 2010 22:28

WATER BOOM TANJUNGPANDAN AKAN DIBANGUN

TANJUNGPANDAN – Masyarakat Tanjungpandan patut bergembira, pasalnya faslilitas di kawasan Pantai Tanjungpendam akan bertambah. Arena bermain air atau biasa dikenal dengan water boom seperti yang ada di kota-kota besar di Indonesia akan dibangun dikawasan pantai ini.

Informasi yang dipaparkan Harian Pagi Pos Belitung Edisi Selasa, 15 Juni 2010 menginformasikan bahwa menurut rencana, water boom ini akan berisikan papan luncur, kolam arus, tempat bilas, sampai kafetaria mini. Soal kedalaman air tidak perlu khawatir, karena kedalaman air untuk anak-anak dan orang dewasa dibedakan.

Direncanakan pula dibangun miniature kapal keruk yang dibuat dua lantai. Pada lantai bawah nantinya akan digunakan sebagai tempat masyarakat untuk rekreasi. Dilantai ini juga akan ada restoran. Pada dinding kapal keruk akan dihiasi foto-foto kapal keruk. Sedangkan pada lantai atasnya akan dijadikan sebagai ruang pertemuan dengan kapasitas untuk menampung sebanyak 500 orang.

Kepala UPTD Tanjungpendam, Alkar mengemukakan, water boom ini nantinya akan memiliki semacam icon berupa bangunan berbentuk bintang pada bagian atap bangunan. Ispirasinya dari Masjid Al Ihram yang berbentuk seperti bintang.

Untuk pembangunan water boom ini, Pemkab Belitung telah menyiapkan lahan seluas 1,6 hektar. Lokasi merupakan eks lokasi yang diusulkan untuk menjadi museum maritim nasional.

Alkar mengatakan, tahun ini rencananya pembangunan water book sedang pada tahap Detail Engineering Design (DED). Pembangunannya sendiri akan dilakukan pada tahun depan. Di kawasan water boom juga nantinya akan ada gelaran tanaman hias dan bonsai agar suasananya sejuk.

Tak hanya water boom, di Tanjungpendam juga rencananya akan dibangun dermaga untuk kapal-kapal wisata singgah. Pada wilayah utara juga akan dibangun jetty.

Sumber: Pos Belitung