Selasa, 15 Juni 2010 22:30

TINGKAT KELULUSAN SD DI BELITUNG MENCAPAI 99,20 PERSEN

Tanjungpandan---Persentase kelulusan tingkat SD/MI di Kabupaten Belitung pada Tahun 2010 mengalami kenaikan yakni, mencapai angka 99,20 persen. Dari 2.476 siswa yang mengikuti ujian akhir berstandar nasional (UASBN) Tingkat SD/MI di Kabupaten Belitung sebanyak 2.456 dinyatakan lulus, sisanya sebanyak 20 orang siswa lainnya dinyatakan tidak lulus.

Seperti yang dipaparkan harian Pos Belitung edisi Sabtu, Tanggal 12 Juni 2010, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Rafeli melalui Kabid TK/SD Paryanda mengatakan, tidak hanya persentase angka kelulusan yang mengalami kenaikan, melainkan nilai rata-rata dari 5,93 naik menjadi 6,99.

Sementara menyangkut siswa yang tidak lulus dijelaskan Paryanta, ketidaklulusan mereka disebabkan nilai Matematika dan IPA yang tidak memenuhi standar kelulusan yang telah ditetapkan sekolah yang bersangkutan. Siswa yang tidak lulus ini diharapkan bisa mengulang kembali, akan tetapi jika yang bersangkutan bermaksud untuk mrngikuti ujian kesetaraan paket A tetap dipersilahkan.

”Tidak seperti halnya SMA dan SMP yang memiliki kesempatan mengikuti UN ulangan, untuk tingkat SD tidak ada UASBN ulangan,” jelasnya.

Selain itu, beberapa SD di Kabupaten Belitung  juga  masuk peringkat 10 besar di Provinsi Bangka Belitung. SD Negeri 3 Sijuk menjadi peringkat kedua, SD Negeri 9 Membalong di peringkat keempat, SD Negeri 22 Sijuk mendapat peringkat kesepuluh. Sementara Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tanjungpandan menjadi peringkat pertama untu kategori MIN se-Provinsi Babel.

Sumber: Pos Belitung