Jum'at, 18 Juni 2010 15:13

SOSIALISASI FASILITASI TATA CARA PENYUSUNAN PENETAPAN APBDes se-KABUPATEN BELITUNG DIGELAR HARI INI

TANJUNGPANDAN—Kegiatan Sosialisasi Fasilitasi Tata Cara Penyusunan Penetapan APBDes se- Kabupaten Belitung di buka oleh Direktur Pemerintahan Desa dan Kelurahan Ditjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Jum’at, 18 Juni 2010 bertempat di Hotel Pondok Impian Tanjungpandan.

Sosialisasi yang bertemakan “Wujudkan Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa yang Tertib, Disiplin dan Bertanggung Jawab sesuai dengan Kemendagri No.37 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa”  ini pada Tahun 2010 dilaksanakan di 3 Kabupaten di seluruh Indonesia, antara lain di Kabupaten Banjar yang telah dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2010 lalu, Kabupaten Belitung yang diselenggarakan hari ini, 18 Juni 2010 serta Kabupaten Bangli- Bali yang akan dilaksanakan pada tanggal 24-25 Juni 2010 yang akan datang, seperti yang disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara, Dra. Rahminiatun, M.Si dalam laporannya.

Direktur Pemerintahan Desa dan Kelurahan Ditjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Drs. Persadan Girsang, M.Si dalam sambutannya menjelaskan sosialisasi ini merupakan bagian dari monitoring dan evaluasi APBDes.

Selanjutnya menurut Persadan, untuk kewenangan Kabupaten/ Kota yang tidak efektif, diserahkan kepada desa, contohnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah.

Sementara itu Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan agar seluruh peserta dapat mengikuti fasilitasi ini dengan seksama, sehingga penyusunan dan penetapan APBDes untuk Tahun Anggaran yang akan datang dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan ketentuan, serta mampu mendorong pemberdayaan masyarakat dan percepatan pembangunan desa.

Turut hadir Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Propinsi Kepualauan Bangka Belitung, Mulya Senja, MAP, Unsur Muspida, Kepala Dinas/ Badan/ Kantor/ Bagian dari berbagai instansi di lingkungan Pemkab Belitung.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung