Rabu, 23 Juni 2010 01:55

Monumen Perjuangan Rakyat Belitung Akhirnya dibongkar

TANJUNGPANDAN—Monumen Perjuangan Rakyat Belitung (MPRB) akhirnya dibongkar, Senin, 21 Juni 2010 sekitar pukul 22.00 WIB malam. Keputusan diambil berdasarkan hasil pembiacaraan antara Ketua Kelompok Peduli Budaya Belitong  (KPBB), Salim YAH, Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Belitung Hasanudin, Senin, 21 Juni 2010.

Berdasarkan informasi yang dipaparkan Harian Pagi Belitung Pos Edisi Selasa, 22 Juni 2010 menginformasikan bahwa dalam pembicaraan tersebut wabup memberikan kepastian bahwa Pemda akan membangun kembali MPRB yang baru yang akan diusulkan dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) Tahun 2010.

Pembongkaran MPRB sempat dilakukan PT. Idee Pratiwi Perkasa selaku pelaksana pembangunan BSLT Minggu, 20 Juni 2010. namun kegiatan itu dihentikan Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas PU Kabupaten Belitung Rizaldi atas instruksi Kepala Dinas PU Kabupaten Belitung, Hasanuddin.

Penghentian terkait dengan surat yang dikirimkan oleh KPBB Kepada Bupati Belitung. Mereka minta Pemkab menghentikan pembongkaran sampai ada kesepakatan waktu dan tempat pembangunan MPRB yang baru.

Kepala BadanCipta Karya Dinas PU Kabupaten Belitung Rizaldi mengatakan, penundaan pembongkaran dikhawatirkan akan mengganggu proses penyelesaian Proyek Boulevard Simpang Lima Tanjungpandan (BSLT). Oleh karena itu, pihaknya memilih tetap meneruskan pembongkaran setelah ada kepastian kepada KPBB untuk membangun kembalik MPRB yang baru.

Ditemui terpisah, Ketua KPBB, Salim YAH membenarkan adanya pertemuan antara pihaknya dengan Wabup Belitung dan Kepala Dinas PU Kabupaten Belitung dikantor Bupati, Senin, 21 Juni 2010 Pagi. Salim mengaku sepakat pembongkaran terus dilanjutkan, Karena KPBB tidak mau dianggap menghalangi pembangunan. Namun KPBB sepakat dengan catatan MPRB akan dibangun lagi di stanplat.

Selain itu, Salim juga mengatakan akan terus mengawasi pelaksanaan pembangunan BSLT. Menurut salim pembangunan BSLT berkaitan erat dengan janji Wabup soal pembangunan MPRB yang baru. Salim mengaku tetap bersikeras agar pembangunan MPRB diletakan di stanplat.
Sumber: Pos Belitung