Jum'at, 25 Juni 2010 22:11

WABUP BUKA ACARA PEMBUKAAN SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TENTANG PENGAWASAN, PENGENDALIAN DAN PERIZINAN MINUMAN BERALKOHOL DI KABUPATEN BELITUNG TAHUN ANGGARAN 2010

Tanjungpandan—Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Bagian Hukum Setda Kabupaten Belitung mengadakan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan tentang Pengawasan, Pengendalian dan Perizinan Minuman Beralkohol di Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2010 hari ini Rabu, 23 Juni 2010 bertempat di Ruang Sidang Setda Kabupaten Belitung.

Peserta dalam Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan ini merupakan aparatur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung yang terdiri dari pejabat dan atau staf dari Dinas/ Badan/ Kantor/ Bagian/ Instansi/ Kecamatan/ Kelurahan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung serta Aparatur Desa se Kabupaten Belitung yang seluruhnya berjumlah 100 peserta.

Ketua Panitia Kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan tentang Pengawasan, Pengendalian dan Perizinan Minuman Beralkohol di Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2010 Achmad Zainal, SH dalam laporannya menyampaikan tujuan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Tahun Anggaran 2010 ini bertujuan untuk memberikan pembinaan hukum dan arahan dalam rangka mewujudkan penegakan hukum, kepatuhan hukum dan kesadaran hukum serta untuk meningkatkan pengetahuan aparatur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung terhadap Peraturan Peraturan Perundangan di daerah, khususnya dalam Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Belitung tentang Pengawasan, Pengendalian dan Perizinan Minuman Beralkohol.

Materi yang akan disampaikan menurut Zainal adalah Peraturan Perundang-Undangan tentang Pengawasan, Pengendalian dan Perizinan Minuman Beralkohol di Daerah.

Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Belitung, Sahani Saleh, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan dikeluarkannya Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2008 di dasari oleh pendangan awal bahwa minuman beralkohol merupakan produk yang sangat terkait dengan efek kesehatan dan moral bangsa yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga perlu dilakukan peraturan pengawasan, pengendalian dan perizinannya.

Selanjutnya ditambahkan Wabup dalam rangka melaksanakan ketentuan tersebut, dikeluarkan pula Peraturan Bupati Belitung Nomor 7 Tahun 2009 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pengawasan, Pengendalian, dan Perizinan Minuman Beralkohol.

“Dikeluarkannya dua peraturan Daerah Kabupaten Belitung ini mengindikasikan komitmen kita bersama untuk malakukan upaya nyata terkait masalah yang dimaksud, mengingat besarnya dampak yang dapat ditimbulkan dari minuman beralkohol ini” ujar Wabup.

Turut hadir Narasumber dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal, Polres Belitung dan Satpol PP Kab. Belitung, serta Kepala Dinas/ Badan/ Kantor/ Bagian/ Instansi/ Camat/ Lurah dan Kades di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung dan undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung