Senin, 28 Juni 2010 22:29

BUPATI: PELIHARA PERSATUAN DAN PATRIOTISME

Tanjungpandan — Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein mengajak masyarakat Kabupaten Belitung dan keluarga para pejuang daerah ini untuk terus memelihara persatuan, kesatuan, dan semangat patriotisme sebagaimana diwariskan oleh pendiri Kota Tanjungpandan almarhum KA Rahad Depati Cakraningrat VIII.

Ajakan itu disampaikan Darmansyah ketika memberikan sambutan pada acara Ziarah ke Makam KA Rahad Depati Cakraningkat VIII di Situs Aik Labu, Desa Kembiri, Kecamatan Membalong, Jumat (25/6), yang diselenggarakan oleh Panitia Peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke-172.

Sebagai anak bangsa terbaik dan kesatria sejati, ujar Darmansyah, almarhum KA Rahad memiliki jiwa nasionalis yang tinggi, dan tidak mengenal sikap kooperatif terhadap setiap upaya penjajahan. almarhum memiliki cita-cita luhur untuk menyatukan kekuasaan kecil yang terpecah-pecah kedalam satu pusat pemerintahan di Tanjungpandan, yang kemudian disepakati sebagai HJKT.

“Oleh karena itu, momentum ziarah ini bukan sekadar kegiatan seremonial belaka, tapi merupakan salah satu upaya pewarisan nilai-nilai perjuangan, agar generasi muda memahami sejarah perjuangan bangsanya, sehingga mereka dapat menghargai jasa-jasa para pahlawan, sekaligus terdorong untuk mengisi kemerdekaan dengan karya-karya nyata yang bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara,” tegas Darmansyah.

Menurut Darmansyah Husein, pewarisan nilai-nilai perjuangan penting terus-menerus diupayakan karena semakin jauh anak bangsa ini dari suasana perjuangan kemerdekaan melawan para penjajah, semakin mudah mereka mengalami amnesia sejarah, seolah-olah kemerdekaan bangsa dan negara merupakan hak tanpa pengorbanan jiwa dan raga.

Padahal, kemerdekaan bangsa ini direbut dengan perjuangan panjang yang memerlukan pengorbanan jiwa dan raga, termasuk jiwa dan raga perempuan dan anak-anak yang tidak berdosa. Para syuhada gugur, darah menetes, air mata tumpah, membasahi persada nusantara.

Oleh karena itu, Darmansyah mengajak masyarakat Kabupaten Belitung untuk merenung dan mengevaluasi, sejauh mana mereka telah mengisi kemerdekaan bangsa dan negara ini dengan hal-hal yang positif, sebagai wujud terima kasih atas pengorbanan para pahlawan, serta rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah dicurahkan Allah SWT.

“Kita patut bersyukur bahwa dari masa ke masa hingga 65 tahun Indonesia berdaulat, generasi penerus almarhum KA Rahad terus berupaya mewujudkan cita-cita beliau menjadikan Kota Tanjungpandan dan Kabupaten Belitung sebagai kota dan kabupaten yang maju, mandiri, dan sejahtera,” ujar Darmansyah.

Menyadari betapa besarnya pengorbanan yang telah dipersembahkan almarhum KA Rahad untuk kemerdekaan bangsa dan kemaslahatan daerah ini, atas nama pribadi, Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Belitung, Darmansyah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada almarhum KA Rahad Depati Cakraningkat VIII.
“Kepada kita sekalian dan keluarga para pejuang, saya mengajak marilah kita terus memelihara persatuan, kesatuan, dan semangat patriotismo, sebagaimana yang telah diwariskan oleh almarhum KA. Rahad,” ujar Darmansyah.

Selain ahli waris almarhum KA Rahad, turut melakukan ziarah Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung Mahadir Basti, Sekretaris Daerah Ir H Mulgani, Asisten III Bidang Administrasi Drs H Jasagung Hariyadi, M.Si, kepala dinas dan instansi di lingkungan Pemkab Belitung, serta jajaran pemerintah dan masyarakat Kecamatan Membalong.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung