Jum'at, 2 Juli 2010 02:05

PAMERAN PEMBANGUNAN 2010

Tanjungpandan — Pameran Pembangunan Kabupaten Belitung Tahun 2010, yang disatukan dengan kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke-172, dibuka Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein, Rabu (30/6).

Pameran berlangsung sejak Rabu (30/6) hingga Selasa (6/7) di Pantai Wisata Tanjungpendam, Tanjungpandan, diikuti 54 peserta. Selain SKPD di lingkungan Pemkab Belitung (34 peserta), instansi vertikal (3 peserta), TNI dan Polri (3 peserta), serta kalangan perbankan dan BUMN/BUMD (7 peserta), pameran juga diikuti organisasi wanita (3 peserta), organisasi sosial (2 peserta), organisasi pemuda dan pramuka (1 peserta), dan nuseri/flora (1 peserta).

Ketua Umum Panitia Peringatan HJKT ke-172 Tahun 2010 Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si, dalam laporannya mengatakan, selain untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang hasil-hasil pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung, pameran ini juga dimaksudkan sebagai ajang promosi potensi dan produk unggulan daerah.

Panitia sendiri, jelas Jasagung Hariyadi, akan melakukan penilaian terhadap stand terbaik katagori dinas, badan, kantor, dan instansi vertikal; katogri kecamatan dan kelurahan; dan katagori organisasi. Selain trophy, kepada stand terbaik akan diberikan uang penghargaan masing-masing sebesar Rp 2.500.000 untuk Terbaik I, Rp 2.000.000 untuk Terbaik II, Rp 1.250.000 untuk Terbaik III, Rp 1.000.000 untuk Harapan I, Rp 750.000 untuk Harapan II, dan Rp 500.000 untuk Harapan III.

Disamping penilaian stand oleh panitia, lanjut Jasagung Hariyadi, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal (Prindagkop dan PM) Kabupaten Belitung juga akan menggelar Festival dan Lomba Kerajinan Daerah Belitung.

Festival dan lomba berlangsung Sabtu (3/7) dan Minggu (4/7) di Stand Prindagkop dan PM Kabupaten Belitung, dinilai oleh tim juri dari Kementerian KUKM, Kementerian Perdagangan, dan Konsultan Kementerian Perindustrian RI. Selain trophy, kepada pemenang lomba akan diberikan uang penghargaan masing-masing sebesar Rp 1.000.000 untuk Juara I, Rp 750.000 untuk Juara II, dan Rp 500.000 untuk Juara III.

Sementara itu, selama pameran berlangsung, di lokasi pameran juga akan digelar atraksi kesenian, baik kesenian tradisional yang ada di Kabupaten Belitung maupun kesenian kontemporer. Salah satu di antaranya, kelompok Assamble Perkusi Kota Seni Jakarta.

Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya mengharapkan pameran ini dapat mendorong peningkatan dan pengembangan sektor pariwisata yang menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Belitung, sekaligus dapat menjadi sarana rekreasi yang bernilai ilmu pengetahuan bagi pelajar yang sedang memasuki masa liburan.

Sebelumnya, Pameran Pembangunan Kabupaten Belitung dilaksanakan pada bulan Agustus, sebagai salah satu kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI). Lokasinya di Stadion Pangkallalang, bukan di Pantai Wisata Tanjungpendam.

Namun, karena HUT RI bertepatan dengan Bulan Ramadan 1431 H, Pameran Pembangunan Kabupaten Belitung Tahun 2010 disatukan dengan kegiatan Peringatan HJKT ke-172 di Pantai Wisata Tanjungpendam. (syafei)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung